Yuk, Selamatkan Dunia Dengan Cara Berikut

Fenomena global warming yang sedang terjadi pada bumi saat ini, secara tidak langsung merupakan campur tangan manusia. Polusi udara yang diciptakan manusia dari asap kendaraan bermotor, pembakaran hutan dan sampah, hingga asap industri merupakan beberapa faktor yang membuat lubang ozon menjadi bolong. Sehingga, cahaya matahari secara langsung tanpa adanya flllter yang melindungi. Hal ini menyebabkan pencairan kutub utara dan selatan, hingga beberapa bencana alam lainnya. Oleh sebab itu, untuk memperbaikinya Anda dapat melakukan beberapa hal. Di bawah ini ada beberapa cara yang mampu dilakukan untuk selamatkan dunia.

Buat sampah organik menjadi pupuk

Seperti yang dicanangkan oleh para aktivis lingkungan, “lakukan 3R, reuse, reuduce, dan recyle.”. Dengan melakukan ketiganya, Anda telah berkontribusi untuk merawat dan memperbaiki keadaan bumi. Salah satu cara yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan di rumah untuk selamatkan dunia adalah dengan mengubah sampah organik sisa makanan dan minuman menjadi pupuk organik. Nantinya, pupuk ini bisa Anda manfaatkan sebagai penyubur tanaman di halaman rumah, bahkan Anda bisa menjualnya kembali kepada orang lain.

Beralihlah ke shopping bag

Dibandingkan pria, wanita lebih suka berbelanja keliling mall atau bahkan pasar. Tetapi, banyak dari mereka yang masih memanfaatkan kantung plastik sebagai tas belanja. Padahal, kantung berbahan plastik ini menjadi salah satu pencetus pencemaran tanah, karena plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diurai oleh tanah. Oleh karena itu, mulai saat ini beralihlah ke shopping bag yang dapat digunakan berkali-kali tanpa takut mencemari lingkungan. Anda bisa menggunakan tas belanja berbahan kain yang dapat dibeli diberbagai toko. Maka, secara tidak langsung Anda ikut berperan untuk melakukan aksi selamatkan dunia.

Mulai naik kendaraan umum

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asap kendaraan bermotor merupakan faktor terbesar yang membuat ozon bumi berlubang. Sekarang, Anda pun bisa melihat betapa macetnya jalanan di kota-kota besar Indonesia akibat terlalu banyak mobil dan motor  berlalu lalang di jalanan yang tidak pernah bertambah. Akhirnya, asap ribuan kendaraan ini naik ke udara dan menyebabkan reaksi negatif pada ozon. Oleh karena itu, mulai sekarang sebisa mungkin hindari penggunaan kendaraan pribadi sehari-hati. Jika Anda membutuhkan transportasi untuk ke sekolah, pemerintah telah menyediakan ratusan bis sekolah yang bisa dinaiki gratis oleh para siswa, mulai dari SD hingga SMA. Sementara, untuk Anda yang ingin berangkat ke kantor atau kuliah, maka bisa menggunakan kendaraan umum yang telah disediakan pemerintah seperi Transjakarta dan Commuter Line. Dengan begitu, Anda bisa selamatkan dunia dan bumi dengan mengurangi polusinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk selamatkan dunia yang menjadi tempat tinggal Anda saat ini. Sekecil apapun hal yang Anda lakukan untuk bumi, dampaknya akan sangat besar untuk orang banyak. Karenanya, mulailah peduli pada lingkungan sekitar Anda untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *