Yuk, Lakukan 4 Bentuk Kerja Sama Ini di Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Artinya mereka membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Oleh sebab itu, melakukan kerja sama sangat penting dilakukan oleh setiap orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dari sekian banyak contoh kegiatan yang dikerjakan secara bersama-sama oleh masyarakat, mungkin beberapa aktivitas di bawah ini bisa memberikan Anda gambaran seperti apa bentuk kerja sama di masyarakat sesungguhnya. Yuk, simak informasinya di sini.

Mengikuti kerja bakti

Apa Anda sering melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah Anda? Faktanya, aktivitas tersebut termasuk bentuk kerja sama di masyarakat. Anda bisa melakukan bersih-bersih lingkungan bersama warga lainnya untuk menciptakan suasana bersih dan asri di sekitar tempat tinggal. Walaupun kegiatan ini kadang melelahkan, namun rasa kebersaam dan kekeluargaan akan terjalin dengan baik. Bukan cuma itu, aktivitas ini juga bisa menyambung tali silaturahmi antar warga, sehingga akan menciptakan hubungan yang baik antar tetangga.

Ikut serta dalam Siskamling

Untuk menjaga keamanan di lingkungan rumah Anda, tidak jarang diadakan kegiatan Siskamling atau sistem keamanan lingkungan. Biasanya, orang-orang yang mengikuti kegiatan ini adalah penduduk sekitar yang memang tinggal di lingkungan tersebut. Dengan adanya kegiatan kerja sama antar warga ini maka akan mengurangi angka kejahatan yang kian hari semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga bisa menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan sejahtera untuk Anda.

Saling membantu antar sesama

Bila tetangga Anda di sekitar rumah mengalami masalah, maka warga lain sudah sepatutnya untuk kerja sama dan membantu orang yang kesusahan. Jika tidak bisa membantunya, setidaknya Anda bisa meringankan beban orang tersebut. Bila Anda membantu orang lain saat kesusahan, kelak jika Anda tertimpa masalah yang sama, maka orang lain tidak akan segan untuk membantu Anda.

Bekerja sama dalam memecahkan masalah

Jika hubungan antar tetangga di daerah rumah Anda alot, alias kurang akrab satu sama lain, maka sebaiknya bila hal tersebut tidak dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, memiliki tetangga yang kurang akrab rasanya kurang menyenangkan. Oleh sebab itu, untuk mencairkan suasana seperti ini ketua RT setempat bisa ambil bagian untuk menyatukan setiap warganya. Caranya adala dengan kerja sama dalam memecahkan masalah. Tidak perlu yang terlalu rumit, misalnya tentang sistem pembuangan sampah di wilayah tersebut, atau pembagian jadwal siskamling setiap malamnya. Dengan begitu, para warga akan mampu untuk bekerja sama dan saling mengenal satu sama lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *