Yuk, Kurangi Sampah Plastik!

Sampah telah menjadi masalah bagi semua orang. Sekarang saja, beberapa penampungan sampah akhir seperi Bantar Gebang sudah kewalahan menerima puluhan ton sampah rumah tangga dan industri setiap harinya. Dari sekian banyak sampah yang dibuang, hampir setengahnya didominasi oleh sampah plastik. Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja, Anda dan orang lain harus mengubah kebiasaan demi menyelamatkan bumi ini. Nah, di bawah ini ada beberapa cara tepat untuk mengurangi sampah plastik. Yuk, simak informasi selengkapnya.

Kemas makanan dengan wadah reusable

Banyak sekali produk makanan dan minuman yang dibungkus dengan menggunakan plastik. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah makanan yang dikonsumsi oleh konsumen. Akibatnya, sampah plastik semakin hari semakin menumpuk. Oleh sebab itu, Anda bisa membantu mengurangi sampah dari plastik dengan menggunakan wadah makanan yang reusable atau bisa dipakai berulang kali. Ketika Anda membeli makan siang di restoran atau rumah makan, mungkin Anda bisa membawa wadah sendiri sebagai pembungkus makanan dibandingkan harus menggunakan plastik dan beragam bungkusan yang disediakan oleh pihak penjual. Dengan begitu, Anda telah berhasil mengurangi sedikit sampah untuk bumi.

Bawa tas belanja Anda sendiri

Setelah pembungkus makanan dan minuman, sumber sampah plastik paling banyak selanjutnya adalah kantung plastik atau kresek. Di Indonesia, banyak sekali warung hingga supermarket yang menggunakan kantung plastik sebagai tas belanja. Padahal, sampah ini adalah jenis sampah yang paling sulit diurai oleh zat pengurai yang ada di tanah. Oleh karena itu, selalu bawa tas Anda sendiri dari rumah. Sekarang, tidak sulit kok untuk menemukan tas berbelanja yang bisa berkali-kali dipakai, bahkan supermarket pun menyediakannya sehingga Anda dengan mudah membelinya. Dengan begitu, Anda telah ikut andil untuk menyelematakan bumi.

Gunakan tumbler minuman sendiri

Satu lagi cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat sampah plastik, yaitu dengan membawa tumbler atau tempat minum sendiri. Hampir semua produk air mineral dibungkus dengan kemasan botol plastik. Jadi, bisa dibayangkan semakin banyak Anda minum air mineral dalam kemasan, maka akan semakin banyak sampah plastik yang berhasil Anda sumbangkan. Dengan mambawa tempat minum sendiri, Anda telah mengurangi intensias sampah dari botol minuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *