Yuk, Ketahui Peranan Lembaga Swadaya Masyarakat!

Pernahkah Anda mendengar istilah LSM? LSM adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau instansi secara suka rela untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa mengharapkan keuntungan dari kegiatan yang mereka lakukan tersebut. Biasanya, fokus lembaga swadaya masyarakat ini adalah untuk membantu kegiatan masyarakat di sekitar hingga membantu kegiatan pemerintah sebagai mitra. Hampir semua bidang kehidupan masyarakat dapat ditangani oleh lembaga ini. Di artikel ini akan diberikan beberapa contoh dari kegiatannya.

Bidang pertanian

Salah satu yang kegiatan yang biasanya dibantu oleh lembaga swadaya masyarakat adalah sektor pertanian. Lembaga ini menyelenggarakan beraga proyek yang dapat mendorong kemandirian masyarakat, seperti proyek perikanan, perternakan, hingga perkebunan. Biasanya proyek-proyek ini mengembangkan lahan-lahan yang tidak terpakai atau lahan tandus. Dari pada lahan itu dibiarkan begitu saja, lebih baik dimanfaatkan untuk suatu hal yang lebih positif. Selain menggarap lahan kosong, LSM juga akan membantu kelompok petani untuk mengelola lahan, hingga mendirikan koperasi untuk mereka.

Bidang kesehatan

Di dalam bidang kesehatan, peranan lembaga swadaya masyarakat adalah memelopori berbagai program kesehatan seperti Pos Pelayanan Terpadu, Keluarga Berencana, hingga penyediaan air bersih untuk masyarakat di pelosok. Biasanya, dalam aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan, LSM akan bekerja sama dengan pemerintah. Tujuannya agar semua program yang dijalankan akan berjalan dengan mulus tanpa kendala.

Bidang pendidikan

Lembaga swadaya masyarakat ternyata juga bisa turut andil dalam bidang pendidikan di Indonesia. LSM bisa menyelenggarakan program pelatihan untuk tenaga pendamping dan pengelola kegiatan demi mengembangkan kemandirian masyarakat atau lebih dikenal dengan program pelatihan kerja. Bukan hanya itu, ternyata lembaga-lembaga ini juga banyak melakukan kegiatan non-formal seperti pembinaan terhadap usaha kecil atau UKM. Mereka melatih masyarakat Indonesia untuk bisa membangun usaha sendiri dan mengubah keadaan ekonomi mereka tanpa belas kasihan orang lain.

Bidang keuangan

Selain ketiga sektor di atas, ternyata lembaga swadaya masyarakat juga bisa turut andil dalam sektor keuangan masyarakat. Lembaga ini memiliki kegiatan di bidang pemupukan modal dengan menyelenggarakan tabungan dan kredit untuk masyarakat. Biasanya program ini dimanfaatkan oleh para pengusaha yang ada di desa-desa seluruh Indonesia. Pasalnya, masyarakat desa belum begitu akrab dengan kegiatan pinjam meminjam di bank konvensional, oleh sebab itu LSM membantu mereka mendapatkan sutikan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *