Yuk, Cicipi 4 Kue Khas Indonesia ini!

Indonesia masuk ke dalam daftar negara beriklim tropis yang hanya memiliki dua musim. Keadaan ini lah yang membuat Indonesia memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh subur sepanjang tahun, terutama di daerah pesisir pantai. Maka tak heran jika ada banyak makanan ataupun kue dari Indonesia yang menggunakan bahan dasar kelapa. Selain dijadikan santan untuk bahan makanan atau minuman, daging kelapa yang diparut juga sering ditambahkan dalam beberapa kue khas Indonesia. Ingin tahu apa saja kue-kue yang menggunakan kelapa parut? Yuk simak listnya di artikel ini!

Kue Rangi

Kue ini asalnya merupakan kue khas Betawi. Kue khas Indonesia ini dinamakan “Rangi” arena aromanya yang wangi ketika dibakar. Kue yang satu ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut kasar lalu disajikan dengan gula merah yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu. Sementara, untuk memasaknya Anda memerlukan cetakan khusus yang dibakar di atas kayu bakar. Penggunaan kayu bakar sendiri dipilih untuk menambah aroma pada kue rangi.

Geplak

Geplak ternyata bukan hanya berasal dari Betawi, tetapi juga merupakan kue dari  Yogyakarta yang terbuat dari kelapa khas nusantara yang diparut, tepung beras, dan gula pasir atau Jawa. Biasanya, kue ini memiliki empat varian warna yang berbeda yakni, merah muda, hijau, kuning, dan putih. Warnanya yang cantik ini secara tidak langsung menggambarkan rasanya yang manis dan gurih. Jika Anda berkunjung ke daerah Yogyakarta, mungkin kue khas Indonesia satu ini bisa Anda beli dan dijadikan buah tangan untuk keluarga atau teman Anda.

Gemblong

Gemblong merupakan kue khas Indonesia yang menjadi salah satu jajanan pasar terfavorit. Bahan untuk membuat kue satu ini pun sederhana, yaitu beras ketan putih, santan, margarin, dan kelapa parut setengah tua. Adonan gemblong diuleni hingga rata atau kalis, lalu dibentuk seperti bola kemudian digoreng lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan. Ketika Anda menyantapnya, maka hal pertama yang Anda rasakan ialah manis dan juga lembut. Bila Anda suka makanan manis, maka otomatis akan menyukai kue ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *