Yuk, Cicipi 4 Jenis Manisan Khas Indonesia di Bawah Ini!

Manisan bukan lagi menjadi camilan yang asing bagi orang Indonesia. Saat Anda berkunjung ke daerah Jawa Barat seperti Bandung atau Bogor, Anda akan dengan mudah menemukan penjual manisan buah di pinggiran jalan. Rasa manis, pedas, dan asam dari manisan menjadi penggoda agar orang mencicipinya. Apalagi manisan selalu cocok disajikan dalam segala suasana, baik untuk acara kumpul keluarga atau sekadar camilan teman nonton TV. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis manisan berbeda dengan aneka bahan utama. Yuk, simak apa saja jenis manisan khas Indonesia yang perlu Anda tahu di sini.

Manisan Basah

Jenis manisan yang satu ini paling sering Anda jumpai di pasaran. Baisnaya, pada pedagang akan memajang manisan jenis ini di dalam toples kaca besar agar pembeli dapat melihat langsung bentuk dari manisan khas Indonesia ini. Ciri khasnya yaitu kuah manis pedas dari tambahan gilingan cabai merah. Cara pembuatannya cukup mudah, buah dicuci bersih, dikupas, dan dipotong menjadi bagian-bagian kecil. Lalu dimasak bersama larutan gula dan cabai merah giling sampai buah melunak. Buah yang biasa digunakan untuk membuat manisan basah ialah mangga, jambu, salah, hingga gandaria.

Manisan Gula Kental

Apakah Anda tahu buah cermai, lobi-lobi, atau pala? Jika iya, maka Anda tidak asing dengan manisan buah ini. Manisan khas Indonesia ini masuk ke dalam kategori manisan dengan gula kental. Cara membuatnya mudah, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup cuci buah sampai benar-benar bersih, kupas, potong sesuai selera, lalu rendam dalam air garam selama beberapa saat.  Setelah itu, rendam kembali buah dalam air kapur, lalu bilas dan peras lagi. Rendam buah tadi dalam larutan air gula selama dua hari dan masak hingga mengental. Proses pembuatannya memang cukup memakan waktu, tapi sepadan dengan rasanya yang manis dan legit di mulut.

Manisan Kering Dengan Gula

Saat Anda melihat manisan ini, maka yang akan terpikirkan oleh Anda adalah tampilannya mirip dengan gummy bear yang penuh dengan kristal gula. Biasanya, manisan ini juga ditambahkan pewarna makanan untuk mempercantik tampilannya. Teksturnya sedikit kenyal dan mirip dengan permen gummy. Buah yang biasanya diolah menjadi manisan khas Indonesia yang satu ini tidak lain ialah mangga, sirsak, pala, hingga kedondong. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu memasak buah bersama dengan larutan gula, lalu keringkan dan dicampur kembali dengan gula pasir sebelum dikemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *