Uang Receh dan 4 Manfaatnya

uang recehTanpa di sadari, Anda memiliki banyak uang receh di kantung celana, tas, atau dompet Anda. Akibat nilai uangnya yang kecil, terkadang Anda menyepelekan kegunaan uang receh. Tetapi, tahukah Anda bawah uang ini memiliki banyak sekali manfaat yang tidak Anda sadari? Yuk, simak apa saja manfaat uang logam ini.

1. Tukarkan menjadi uang kertas

Sediki demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Mungkin ungkapan itu cocok bagi Anda yang gemar mengumpulkan uang recehan. Tanpa disadari, Anda telah mengumpulkan koin-koin ini dan pas dihitung, nominalnya sangat banyak. Dari pada Anda berbelanja membawa uang receh, sebaiknya Anda menukarkan uang ini kepada pihak lain, yaitu warung di sekitar rumah Anda.

Warung-warung yang ada di dekat rumah Anda membutuhkan uang tersebut sebagai uang kembalian kepada pembelinya. Mereka akan sangat senang menerima koin-koin yang Anda kumpulkan. Hal ini tentu saja menguntungkan dua pihak. Anda mendapatkan uang kertas yang lebih mudah dibawa,dan pihak warung mendapatkan uang untuk kembalian. Simbiosis mutualisme, kan?

2. Membuat Anda senang berdonasi

Pernahkah Anda menemukan kotak-kotak amal di pinggir jalan, warung, atau bahkan di mall? Recehan yang Anda miliki bisa Anda alokasikan untuk beramal, lho. Dari pada uang tersebut hanya ada di kantong atau tas Anda, lebih baik dikeluarkan untuk hal lebih berguna. Bukan hanya kotak amal, Anda bisa membantu orang-orang yang membutuhkan uluran tangan Anda atau kepada pak ogah di perempatan jalan.

3. Jadikan uang receh sebagai tabungan

Anda memiliki kaleng bekas susu atau bekas tempat bola tennis? Saatnya berkarya dengan menciptakan celengan handmade. Celengan tersebut bisa Anda isi dengan uang receh yang kamu miliki. Tidak perlu setiap hari, Anda bisa menabung ketika memiliki uang receh. Kalo bisa, pisahkan nominal uang agar lebih mudah saat menghitungnya. Setelah beberapa bulan atau ketika merasa bahwa celengan tersebut sudah penuh, Anda bisa membongkar hasil tabungan iseng-iseng. Mungkin saja jumlah tabungan Anda lebih banyak dari yang Anda sangka.

4. Berbelanja barang kecil

Mungkin Anda melakukan belanja bulanan di supermarket. Tetapi tidak jarang ada satu barang yang tertinggal untuk Anda beli. Alhasil, Anda harus pergi ke warung dekat rumah untuk membelinya. Nah, dari pada Anda memecahkan nominal uang yang besar untuk membeli satu atau dua barang, sebaiknya gunakan uang logam. Jangan sungkan untuk menggunakannya, karena penjaga warung akan senang menerima uang receh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *