Trik Jitu Memasak Menu Rendah Kolestrol

menu rendah kolesterolMenjaga pola makan agar lebih sehat bukan berarti tidak bisa makan enak, lho. Dari sekian banyak menu makanan sehat, Anda juga masih bisa makan dengan nikmat jika cermat dalam mengolahnya, terutama bila makanan tersebut mengandung lemak dan korestrol. Untuk mengontrol jumlah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh, Anda bisa membuat menu berkoresterol rendah di rumah. Yuk, simak penjabaran beberapa langkah sehat untuk memasak menu rendah kolestrol di bawah ini.

1. Pilih Daging Tanpa Lemak

Ketika akan mencoba makanan baru, maka Anda membutuhkan panduan resep, kan? Bila di resep menyebutkan bahwa Anda harus menggunakan 50g mentega atau minyak sayur, maka gunakanlah setengah porsi dari yang dianjurkan. Untuk membuatnya lebih bercita rasa, Anda bisa menambahkan lebih banyak bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, dan aneka rempah kering khas Indonesia. Di jamin, makanan Anda akan tetap enak dan gurih meski tanpa tambahan minyak jenuh.

2. Pakai Sedikit Lemak atau Tidak Sama Sekali

Menu dengan bahan dasar daging memang makanan paling enak dan nikmat. Tetapi, lemak dalam daging termasuk golongan lemak jenuh yang sebisa mungkin harus dibatasi. Oleh sebab itu, ketika akan membuat menu rendah kolestrol, maka pilihlah daging sapi bagian tenderloin atau has dalam tanpa lemak. Selain cepat empuk, bagian ini memiliki rasa yang enak ketika di santap. Bukan hanya daging sapi, Anda juga mengonsumsi daging ikan, seafood, ayam tanpa kulit dan lemak, hingga daging kambing non lemak. Namun, pastikan porsinya tidak lebih dari 180 gram dalam sehari.

3. Hindari Makanan Kemasan

Meski banyak yang menjual makanan lezat di luar, makanan yang dimasak sendiri rasanya jauh lebih nikmat dan menyehatkan, terutama jika Anda membandingkannya dengan makanan dalam kemasan. Cobalah masak makanan sehat di rumah yang mudah dan praktis. Banyak buku resep yang akan membantu Anda membuat makanan sehat yang sama sekali tidak susah untuk dibuat.

4. Perbanyak Porsi Sayuran

Sayuran memiliki banyak nutrisi dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Selain mudah di masak, sayuran juga merupakan makanan rendah kolesterol yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Sebagai salah satu variasi menu, Anda juga dapat mengganti protein hewani dengan beberapa protein nabati dari sayuran dan kacang-kacangan seperti tempe & tahu, tofu, almon, hingga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *