Tips Mengatur Keuangan untuk Jajan Anak

mengatur keuanganBerbagai macam pengeluaran sudah masuk dalam perencanaan keuangan dengan baik. Namun, ada faktor lain yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur keuangan yaitu uang saku anak. Memang tidak sulit tetapi bisa berpengaruh untuk mempersiapkan rencana biaya kebutuhan sehari-hari. Tips yang tepat bisa disesuaikan dengan peraturan dalam keluarga Anda dan biasanya uang anak ditentukan dari usia dan kebutuhannya. Masalah keuangan bisa sangat merepotkan terutama bagi Anda yang memiliki anak lebih dari satu. Bagaimana cara menentukan uang jajan anak secara adil? Berikut tips mengatur keuangan yang tepat.

1. Tentukan Jumlah Uang Jajan yang Akan Diberikan pada Anak

Dilihat dari segi kemampuan finansial Anda bisa jadi sebuah keputusan bersama berapa banyak uang yang dibutuhkan. Pastikan anak benar-benar mengerti dalam menggunakan uang, berikan pemahaman sejak dini pada anak. Ajari buah hati untuk mengetahui pentingnya mengatur uang dan berhemat dalam menggunakannya. Katakan kepada anak secara jujur jika memang keadaan finansial keluarga sedang tidak baik. Menentukan jumlah uang kepada anak yang masih SD bisa lebih diarahkan dengan mudah. Memberi pengertian dengan memberikan jumlah yang tidak terlalu banyak dan sediakan bekal makanan dari rumah. Jelaskan pada sang anak tahapan usia akan menentukan jumlah uang yang akan diberikan.

2. Ajarkan dan Arahkan Anak untuk Mendapatkan Keinginannya

Setiap anak memiliki keinginan yang berbeda. Jika Anda memiliki 3 anak, maka akan ada 3 keinginan yang harus Anda beli. Sedangkan saat melihat keadaan uang saat ini tidak mencukupi untuk mengabulkan permintaan anak. Untuk itu ajarkan anak tentang pentingnya menabung dalam mewujudkan barang yang mereka inginkan. Bisa dengan mengatur keuangan manual melalui celengan atau membuka rekening khusus tabungan anak.

Mengatur keuangan anak dari sekarang akan membantu anak untuk mengasah kemampuannya dalam mengelola uang. Lihat dan perhatikan apakah anak Anda mampu bertanggung jawab dalam mengatur keuangan secara tepat. Tidak ada salahnya mempercayakan uang yang Anda berikan untuk mereka simpan. Akan tumbuh kedewasaan dan cara berpikir yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya.

3. Berdiskusi bersama Anak

Ketika anak sudah beranjak dewasa, ini saatnya Anda mengajak mereka untuk berdiskusi tentang uang jajan yang mereka butuhkan. Tanyakan hal sederhana dan sering mereka lakukan seperti harga ongkos angkutan umum, harga makanan di kantin atau jika ada biaya tambahan lain. Berikan uang tambahan untuk mereka yang ingin mengisi akhir pekan bersama teman-temannya. Tentukan apakah anak lebih senang menerima uang perminggu atau perbulan secara langsung. Tetap selalu berikan pemahaman bagaimana cara mengatur keuangan secara tepat. Uang tersebut adalah hak untuk anak gunakan, tetapi tidak ada salahnya Anda memberikan masukan untuk mengatur keuangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *