Tips Mencuci Batik Kesayangan Anda

 Baju batik memang menjadi pakaian yang paling pas untuk digunakan diberbagai acara. Mulai dari acara formal, semi-formal, hingga pakaian sehari-hari. Selain sebagai baju, kain batik pun bisa dijadikan jenis pakaian lain seperti celana, selendang, atau outer. Jadi, Anda tidak akan pernah bosan menggunakan batik dengan model yang itu-itu saja.

     Ketika Anda memiliki batik, jangan lupa untuk memerhatikan cara mencuci dan penyimpanannya. Pasalnya, merawat warna batik lebih sulit dibandingkan pakaian lainnya. Oleh karena itu, terapkan empat tips mencuci batik berikut ini untuk menjaga tampilan batik kesayangan Anda , yuk!

Jangan menggunakan mesin cuci

Aktivitas mencuci pakaian bagi sebagaian orang adalah pekerjaan yang memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Apa lagi ketika harus mencuci secara manual. Karenanya banyak orang yang memilih untuk mencuci dengan mesin cuci atau langsung mengirimnya ke laudry. Meski mempercepat prosesnya, hal ini tidak berlaku untuk batik. Mencuci batik sebaiknya dilakukan secara manual dengan tangan. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan pada tekstur dan warna batik. Apa lagi jika batik yang Anda cuci merupakan batik tulis. Tentu Anda tidak mau dong jika batik kesayangan Anda warnanya memudar dan menjadi rusak?

Hindari penggunaan detergen

Salah satu faktor yang membuat warna baju cepat pudar adalah penggunaan detergen. Bagi beberapa jenis kain, detergen merupakan musuh terbesar mereka karena dapat menyebabkan kerusakan pada serat kain dan juga memudarkan warna kain, termasuk batik. Untuk mencuci batik, sebaiknya hindari penggunaan detergen dan pelembut pakaian. Kandungan kimia dari kedua benda tersebut sangat keras, sehingga akan cepat mengikis warna pada kain batik. Sebagainya, gunakan sabun khusus untuk mencuci kain batik. Atau Anda bisa menggunakan kulit jeruk dan buah lerak sebagai pengganti detergen.

Jangan memeras batik

Memeras pakaian memiliki tujuan agar proses penjemuran lebih cepat selesai, karena air yang ada di pakaiannya sudah dibuang sebelumnya. Namun, jika Anda melakukan hal ini saat mencuci batik, Anda melakukan tindakan yang salah. Memeras batik hanya akan membuat kain cepat rusak. Cukup gantung batik Anda setelah dicuci dan biarkan air yang masih tersisa dibaju menetes dan kering dengan sendirinya.

Katakan tidak pada sinar matahari langsung

Menjemur pakaian di bawah terik sinar matahari memang akan membuatnya cepat kering, tapi hal ini juga akan mempercepat pudarnya warna pada pakaian Anda. Oleh karena itu, setelah mencuci batik, jangan pernah menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Cukup jemur batik di tempat teduh atau dengan cara di angin-anginkan. Dengan begitu, warna batik Anda karena lebih awet dan selalu terlihat seperti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *