Tips Membuat Kertas Daur Ulang

Apakah Anda pernah berpikir dengan kira-kira apa yang terjadi pada kertas yang Anda buang di tempat sampah? Faktanya, kertas-kertas tersebut hanya akan tergeletak dan menunggu proses penguraian berlangsung. Meski masuk ke dalam katergori benda yang mudah terurai, zat kimia pada tinta kertas bekas majalan, koran, dan buku bisa membahayakan keadaan tanagh, bahkan dapat menyebabkan pencemaran tanah. Oleh sebab itu, banyak orang yang melakukan daur ulang pada kertas bekas menjadi kertas baru. Caranya pun tidak sulit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut tata cara memproduksi kertas daur ulang.

Siapkan kertas

Untuk memproduksi kertas daur ulang, maka bahan utama yang diperlukan adalah sekumpulan kertas bekas dari berbagai sumber, mulai dari koran, majalah, buku, hingga bungkus produk. Setelah bahan baku terkumpul, Anda bisa memotong-motong kertas menjadi lebih kecil agar mudah melewati proses selanjutnya, yaitu proses penghalusan kertas mejadi bubur.

Haluskan kertas

Untuk menghancurkan kertas yang telah dipotong-potong sebelumnya sangatlah mudah. Pertama dengan cara merendam kertas ke dalam air panas. Pastikan semua kertas di dalam wadah tersebut terendam dengan air. Selanjutnya, Anda hanya perlu mendiamkan kertas hingga menjadi bubur. Setelah melunak dan nampak seperti bubur, Anda pelu menghaluskannya kembali dengan cara di blender. Pastikan kertas tersebut benar-benar halus seperti bubur. Jangan lupa capurkan sedikit tepung meizena untuk membuat teksturnya lebih kental dan lengket.

Saring bubur kertas

Ketika memasuki proses ini, maka Anda membutuhkan kain kasa atau jaring kawat halus yang akan digunakan sebagai penyaring bubur kertas. Proses ini benar-benar harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati jika Anda ingin membuat kertas daur ulang dengan kualitas yang baik. Untuk membuat bentuknya rapih, mungkin Anda dapat menyiapkan cetakan kertas atau memanfaatkan loyang kue yang berbentuk kotak.

Lakukan pengepresan

Kertas yang telah Anda saring masih memiliki kandungan air yang sangat banyak. Untuk membuatnya cepat kering, maka Anda harus menghilangkan air tersebut. Caranya adalah dengan melakukan pengepresan pada adonan tersebut. Anda bisa melapisi bubur kertas dengan kain tipis, selanjutnya tekan secara perlahan-lahan hingga airnya keluar dan menjadi kering. Setelah kering, Anda dapat melepas kain kasa. Setelah itu, jemur kertas daur ulang tersebut hingga kering.

Demikianlah cara kertas daur ulang dibuat. Sangat mudah bukan? Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempraktekannya di rumah bersama dengan keluarga. Selain bisa menjadi aktivitas edukasi menyenangkan di akhir pekan, Anda juga telah membantu mengurangi sampai kertas, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *