Ternyata Jenis Dana Pensiun Memiliki banyak Manfaat

jenis dana pensiunSelama ini Anda mengharapkan uang pensiun yang bisa didapatkan setelah bekerja sepenuh hati. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui manfaat sebenarnya dari jenis dana pensiun? Dana atau biaya sama saja dengan uang kontan dan sebagai bentuk yang paling mudah digunakan dalam menyarakan nilai ekonomis. Dana atau uang tersebut bisa segera diubah dalam bentuk barang dan jasa. Pensiun sendiri merupakan hak seseorang untuk memperoleh penghasilan saat memasuki usia pensiun sesuai dengan perjanjian yang sudah ditetapkan.

Manfaat pensiun dapat diperoleh oleh peserta pensiun, entah dalam bentuk pembayaran rutin, akses mendapatkan fasilitas tertentu, tunjangan kesehatan dan lain sebagainya. Jenis dana pensiun diberikan kepada seseorang yang telah pensiun berdasarkan pekerjaan orang itu. Sehingga dari badan hukum yang sudah menyediakan dan mengelola program ini untuk memenuhi janji manfaat pensiun untuk siapapun. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Pensiun Normal

Terdapat manfaat dari pensiun ini bagi peserta akan mulai dibayarkan pada saat peserta yang terdaftar dalam program pensiun telah mencapai usia pensiun normal atau sesudahnya.

2. Pensiun Dipercepat

Manfaat ini bisa dirasakan bagi peserta yang sudah dibayarkan bila peserta pada usia tertentu sebelum usia dari pensiun normal.

3. Pensiun Ditunda

Selanjutnya akan didapatkan untuk peserta yang dimulai sejak tanggal pensiun sebelumnya (normal). Sehingga karyawan akan mendapatkan penghasilan dari dua sumber yaitu pensiun dan gaji.

4. Pensiun Cacat

Akan dibayarkan bila peserta mengalami atau menderita cacat. Berdasarkan peraturan dana masa tua atau pensiun yang tercantum dalam UU No. 12 Tahun 1992 pasal 19 menyatakan bahwa setiap karyawan yang memenuhi syarat kepersetaan dalam biaya pensiun yang didirikan pemberi kerja berhak menjadi peserta, apabila telah berusia setidak-tidaknya 18 tahun atau telah kawin dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 1 tahun pada pendiri atau mitra pendiri.

Jadi ketika seseorang sudah pensiun, makan mereka berhak memperoleh penghasilan bekerja sekian tahun lamanya jika telah memasuki usia pensiun. Penghasilan ini biasanya berupa uang yang dapat diambil setiap bulannya atau diambil sekaligus pada saat seseorang memasuki masa pensiun. Hal tersebut tergantung dari kebijakan yang terdapat dalam suatu instansi atau perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *