Tahapan Mengelola Sampah Plastik Agar Menjadi Pundi-Pundi Uang

Sampah sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat. Sampah yang ditimbulkan semakin hari semakin bertambah. Namun pertambahan tersebut tidak dibarengi dengan adanya penanganan khusus oleh masyarakat awam. Yang menjadi perhatian adalah sampah plastik tidak terurai, oleh karena itu emakan waktu yang lama, yakni hingga mencapai 80 tahun. Yang dapat Anda lakukan adalah menjadikan sampah plastik menjadi produk baru yang dapat menghasilkan rupiah. Ada beberapa tahap untuk anda mendaur ulang sampah plastik. Simak ulasan berikut.

Tahap 1

Sampah plastik biasanya berasal dari pemulung. Memisahkan kotoran dan bahan kimia berbahaya menjadi salah satu langkah wajib bagi Anda, untuk memastikan kebersihan pada barang yang akan dijual. Pemisahan ini biasanya dilakukan secara manual dengan air, karena sisa-sisa kotoran yang melekat pada sampah plastik. Tahap ini sangat mudah, namun Anda harus lebih detail agar aman dipakai konsumen. Untuk tahap ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena Anda bisa mengajak warga sekitar untuk bergabung.

Tahap 2

Sampah yang sudah dicuci tadi lalu dilap hingga kering. Lalu Anda dapat menggabungkan beberapa sampah plastik tersebut. Biasanya penggabungan ini bisa Anda lakukan dengan strika yang tidak langsung pada plastik yang akan di strika. Dengan begitu plastik yang tadinya hanya lembaran kecil lalu menjadi plastik yang bisa dibentuk dengan mudah, karena plastik tersebut menjadi lebar.

Tahap 3

Tahap ini adalah sangat menentukan bagi usaha daur ulang sampah plastik anda. Karena bentuk dan ukuran akan menjadi hasil akhir pada tahap ini. Seperti bahan kain, bahan plastik hasil daur ulang ini akan dijahit menjadi pola-pola yang sudah dibuat. Lalu akan menjadi barang hasil dari usaha anda. Membuat barang yang unik dan berbeda dengan orang lain menjadi nilai tambah dimata pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *