Ragam Kue Khas Daerah Indonesia yang Wajib Anda Tahu

Ketika Anda mengunjungi sebuah daerah untuk berlibur, maka hal yang paling tidak bisa Anda lewatkan ialah kue khas daerah tersebut. Tentu saja, bukan hanya untuk Anda cicipi sendiri, tetapi juga untuk buah tangan untuk keluarga dan teman Anda. Di artikel ini akan merangkum beberapa kue khas Indonesia yang wajib Anda tahu dan Anda beli ketika mengunjungi daerahnya. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Kerak Telor, Jakarta

Bagi Anda yang berasal dari luar Jakarta, maka berlibur dengan mengunjungi ibukota Indonesia ini adalah pilihan yang tepat. Di Jakarta, kue khas daerah yang bisa Anda cicipi atau dijadikan buah tangan ialah Kerak Telor. Makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan ini sangat unik rasanya. Anda juga tidak akan kesulitan berburu penjual Kerak Telor. Datang saja ke pasar-pasar tradisional atau tempat-tempat tujuan wisata seperti Kota Tua dan Setu Babakan, maka Anda akan mendapatkan makanan ini dengan mudah dan murah.

Bika Ambon, Medan

Masih banyak yang mengira bahwa Bika Ambon merupakan kue khas daerah Ambon. Padahal, kue ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Oleh sebab itu, ketika Anda berlibur ke Medan, jangan lupa untuk membeli Bika Ambon sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Rasa dari kue yang satu ini ialah manis dan legit. Seiring perkembangannya, kue ini pun memiliki varian rasa lain selain original, seperti pandan, mocca, hingga keju. Untuk membawanya pulang, Anda tidak butuh mengeluarkan kocek yang banyak, cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 35-79 ribu, maka Anda sudah bisa membeli sekotak kue khas Medan.

Abon Gulung, Papua

Meski menjadi daerah paling Timur di Indonesia, ternyata Papua juga menyimpan kue khas daerah yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di sana. Saat Anda mampir ke Manokwari, maka jangan lupa membawa pulang Abon Gulung khas daerah ini. Pada dasarnya, kue ini adalah roti yang memiliki rasa gurih akibat isian abon yang tebal dan lezat. Kelezatannya ini lah yang mewajibkan Anda untuk membelinya dan menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat.

Pie Susu, Bali

Bali sekarang dikenal sebagai daerah penghasil pie susu terenak di Indonesia. Oleh karena itu, ketika Anda berkunjung ke Pulau Dewata ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk memborong kue khas daerah ini, yaitu pie susu. Pie Bali ini dikenal enak karena memiliki perpaduan rasa gurih, renyah, sekaligus manis yang porsinya pas. Pokoknya, bila Anda ke Bali, maka wajib untuk membeli pie unik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *