Penerapan Motif Batik Selain Pada Kain

Selama ini, batik sangat identik dengan kain. Padahal, motif batik bisa diterapkan pada elemen lain seperti pada kayu, kanvas, atau benda lainnya. Seiring perkembangan teknologi dan zaman, corak batik kini dilukis diberbagai media. Bahkan, benda-benda ini memiliki banyak penggemar dan laku di pasaran. Berikut penerapan motif batik pada media selain kain.

Topeng

Biasanya, topeng identik dengan motif abstrak yang menunjukan wajah manusia yang dilukis dengan tangan. Sekarang, topeng dipadukan dengan motif batik khas Indonesia. Motif ini dilukis dalam media kayu dengan menggunakan canting dan lilin malam, seperti membatik pada umumnya, karena kayu memiliki pori-pori di permukaannya, sehingga tidak akan sulit melukis di atas kayu dengan canting. Selain pada topeng, media kayu lain yang bisa digunakan bisa berbentuk gantungan kunci, nampan, tatakan gelas hingga sandal dari kayu.  

Desain interior

Menata rumah idaman Anda sendiri memang kegiatan paling menyenangkan. Nah, jika ingin nuansa rumah Anda terasa Jawa, mungkin Anda bisa memasukan unsur batik padadesain interior rumah Anda. Anda bisa menerapkan wallpaper atau lantai bermotif batik. Untuk menambah kesan Jawa yang lebih kental, mungkin Anda bisa menambahkan ukiran-ukiran kayu khas jawa engan motif bunga atau pohon yang mirip dengan motif batik. Di jamin, nuasa rumah Anda akan terasa beda dan sangat klasik.

Keramik

Jika Anda menyukai pajangan seperti guci, kemarik, atau piring lukisan, mungkin Anda bisa memiliki keramik dengan motif batik. Selain pada kain, motif ini juga bisa diterapkan ke dalam seni keramik. Bagi Anda yang suka dengan apa pun yang berbau batik, sepertinya Anda wajib memiliki salah satu keramik dengan corak batik yang menawan.

Lukisan

Sebuah lukisan biasanya memuat gambar buah, hewan, pemandangan, orang, hingga gambar abstrak. Nah, motif batik pun bisa di implementasikan di atas kanvas dan menjadi lukisan yang indah. Mungkin Anda bisa melukis beragam motif dalam satu lukisan, atau hanya melukis satu motif yang paling Anda sukai. Lukisan ini sangat cocok di pajang di ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *