Mempersiapkan Dana Hari Tua Dengan Cerdas

Mempersiapkan DanaDi usia produktif, banyak orang yang melakukan beragam aktivitas yang mereka sukai, mulai dari berlibur, berbelanja, berolahraga, dan melalukan hobi lainnya. Namun, tekadang mereka lupa untuk memikirkan bagaimana masa depan mereka. Seharusnya, di usia produktif, Anda bisa mempersiapkan dana untuk hari tua yang nyaman dan tentram. Anda tidak perlu khwatir, karena belum terlambat untuk memulainya sekarang. Yuk, lakukan cara jitu mempersiapkan dana masa depan Anda berikut ini.

1. Ketahui berapa jumlah dana yang diperlukan

Anda pasti tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan setiap bulannya. Dengan menghitung jumlah belanja bulanan, biaya listrik, biaya air, dan biaya sewa lainnya secara mendetail, maka Anda akan tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kebutuhan pensiun Anda. Cukup totalkan hasil hitungan Anda dan kalikan selama 20 tahun. Tadaaa, Anda mendapatkan jumlah dana yang dibutuhkan untuk masa tua!

2. Ketahui cara mempersiapkan dana Anda

Banyak acara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana untuk masa tua, yaitu dengan berinvestasi, menabung, atau melalui asuransi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Biasanya, asuransi khusus dana pensiun akan lebih banyak memberikan keuntungan lebih untuk Anda. Tetapi, mencoba investasi emas batangan, reksa dana, atau saham juga tidak ada ruginya. Semakin banyak cara Anda mempersiapkan dana, maka akan semakin baik, kan?

3. Hitung jumlah yang harus di investasikan

Sebelum memilih investasi dana, sebaiknya Anda menghitung terlebih dahulu jumlah yang harus dan bisa Anda investasikan. Hindari investasi berlebih yang akan menyulitkan hidup Anda, tapi pastikan cukup untuk mempersiapkan keuangan pensiun. Pilih investasi sesuai dengan kemampuan Anda. Meski pepatah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian selalu berlaku, tentu saja Anda tidak mau hidup susah saat ini dan bersenang-senang di usia non-produktif, kan? Keseimbangan itu perlu.

4. Cermat dalam memilih produk investasi

Banyaknya tempat yang bisa dijadikan sarana mempersiapkan finansial hari tua tak jarang membuat Anda bingung untuk memilih mana yang terbaik. Tidak perlu pusing, cukup ­list apa saja yang Anda butuhkan, setelah selesai Anda akan mengetahui produk mana yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin kesehatan terjamin, memilih produk asuransi bisa menjadi pilihan terbaik. Tetapi, jika ingin keuntungan yang lebih, investasi di reksa dana, saham, atau emas batangan adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *