Makanan Khas Daerah Kalimantan Ini Wajib Dicoba!

makanan kalimantanTidak seperti makanan lain yang mudah ditemukan pada beberapa daerah, makanan khas asli Kalimantan hanya bisa Anda temukan dengan mudah di daerah tersebut. Dengan keanekaragaman masakan di Indonesia, sayang sekali jika Anda tidak meluangkan waktu berlibur ke Kalimantan dan menikmati sajian makanan khas daerah tersebut. Berikut makanan daerah Kalimantan yang wajib Anda coba.

1. Soto Banjar

Siapa yang tak mengenal soto asli ibukota Kalimantan Selatan ini. Harga yang pas di kantong sudah bisa memberikan kenikmatan saat Anda berkunjung ke daerah ini. Soto banjar dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Memiliki kuah soto yang bening dan rasa yang gurih menggiurkan dengan tambahan kayu manis yang tidak ada pada soto lain. Untuk isi dalam sotonya hampir sama dengan soto lain pada umumnya, namun biasanya ditambah dengan perkedel sebagai pelengkap menu soto banjar.

2. Patin Baubar

Sebagian masyarakat lebih mengenal pepes, di Kalimantan lebih dikenal dengan Patin Baubar atau pepes ikan patin kaya akan bumbu rempah. Mengetahui potensi dari kuliner ini, banyak warga sekitar membudidayakan ikan patin. Setelah proses dipepes, ikan kemudian dibakar dengan tungku dan bara api agar bumbu lebih meresap secara rata. Menu patin baubar sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat bersama keluarga saat Anda berlibur ke sini.

3. Amparan Tatak

Terbuat dari tepung beras dan santan hampir sama dengan jajanan pasar kue pisang pada umumnya. Perbedaan pada makanan khas amparan tatak yaitu ukurannya karena amparan tatak lebih besar dan biasnya disajikan untuk acara pernikahan maupun syukuran. Dua rasa yang selalu menjadi pilihan ada yang berisi pisang atau nangka kemudian diberi daun pandan agar rasa gurih dan manisnya pas di lidah.

4. Ketupat Kandangan

Memiliki rasa kaya akan rempah, ketupat kandangan adalah makanan khas yang bisa Anda nikmati dengan ikan gabus. Jika Anda bosan dengan menu ketupat ayam, semur daging dan telur, ketupat kandangan memiliki sensasi yang berbeda di lidah Anda. Ikan gabus yang dipanggang semakin terasa gurih karena kuah lezat dan disajikan saat masih hangat. Menu ini bisa dinikmati kapanpun, Anda juga bisa menikmatinya dengan menu pelengkap seperti ikan patin atau gurame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *