Jajanan Pasar Murah Asal Betawi Asli Ini Bikin Kangen

jajanan betawiSaat ini, tidak mudah menemukan jajanan pasar khas Betawi ini. Selain membuatnya di rumah, mungkin Anda menemukannya di acara-acara tertentu saja. Tetapi makanan ini selalu membuat Anda tidak bisa berhenti mencintai produk asli Indonesia. Coba ingat-ingat kapan Anda terakhir mencicipi makanan ini? Manakah yang paling membuat Anda kangen dengan rasa khasnya?

1. Kue Talam

Kue manis yang dikukus dengan bentuk kecil dan mudah dimakan ini terbuat dari tepung beras ketan. Bahan yang digunakan antara lain campuran singkong atau ubidan diberi santan kemudian dikukus. Varian rasa yang bisa Anda pilih ada talam hijau dan talam kentang dengan rasa manis. Sedangkan ada varian rasa gurih ada tala udang. Jajanan pasar ini laris manis sebagai pilihan ibu-ibu untuk dijadikan hidangan untuk tamu pada acara arisan atau pengajian.

2. Wajik

Jajanan pasar jenis ini ternyata juga ada dibeberapa daerah wilayah Indonesia. Namun karena keberadaanya lebih dikenal dari Betawi, kue ini dapat ditemukan pada acara penting seperti lamaran pernikahan, hari raya dan moment penting lain yang berhubungan dengan adat Betawi. Terbuat dari beras ketan dimsak hingga matang dengan gula merah atau gula pasir, santan dan kelapa parut. Yang membuat menarik kue wajik adalah memiliki warna yang lucu dari pewarna makanan, setelah itu wajik dibungkus dengan kertas minyak

3. Kembang Goyang

Memiliki bentuk yang khas seperti bunga dengan rasa manis yang pas membuat sebagian orang memilih jajanan pasar ini sebagai oleh-oleh. Adonan yang terbuat dari tepung beras, gula, santan, telur dimasak menggunakan minyak panas dan digoyang-goyang hingga adonan lepas dari cetakannya. Maka terbentuklah kue kembang goyang yang bisa Anda coba buat di rumah untuk mengisi waktu liburan Anda. biasanya bagian atas juga diberi taburan biji wijen.

4. Dodol

Siapa yang tidak mengenal dodol, makanan manis, lengket dan legit ini selalu menjadi jajanan pasar favorit masyarakat Indonesia. Setiap daerah memiliki rasa dodol yang berbeda dengan varian rasa yang beragam. Untuk dodol asli Betawi hanya memiliki rasa ketan putih, ketan hitam serta rasa duriannya yang tak terkalahkan. Cukup sulit sekarang untuk menemukannya karena proses pembuatan yang cukup rumit sehingga Anda bisa mendapatkannya hanya pada acara tertentu. Seperti pada saat hari raya, pernikahan, dan bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *