Jaga Kesehatan Jantung Dengan Cara Berikut

kesehatan jantungTahukah Anda bahwa perubahan sekecil apa pun pada pola hidup akan berdampak pada kesehatan Anda? Tanpa Anda sadari, jantung adalah organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras seumur hidup Anda. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Anda bisa mulai dengan membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat dan tidak merokok. Selain itu, Anda dapat melakukan aktivitas ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

1. Mengonsumsi Ikan

Untuk menjaga jantung, maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Pasalnya, ikan adalah sumber makanan yang kaya akan omega 3 dan juga nutrisi lain yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa dengan bebas memilih ikan yang Anda sukai, mulai dari tuna, hingga sarden. Mengonsumsi ikan ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup konsumsi sebanyak dua kali dalam semiggu secara teratur, maka kebutuhan Anda akan omega telah tercukupi.

2. Makan Lebih Banyak Serat

Mengonsumsi makanan bersera secara rutin memang akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Namun, pastikan Anda melakukannya secara bertahap, ya, karena menghabsikan banyak serat sayuran sekaligus akan mengakibatkan konstipasi atau kram perut. Selain itu, serat tersebut tidak hanya bisa Anda dapatkan dari sayuran, gandum, serea, dan kentang utuh dengan kulit juga memiliki serat yang baik untuk tubuh Anda. Ada baiknya jika Anda menyeimbangkan kombinasi serat dengan nutrisi lain, guna membantu proses pencernaan Anda.

3. Tidur Yang Cukup

Hampir sebagian orang dewasa yang sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu Anda menjaga jantung, khususnya arteri. Bila kondisi arteri Anda baik, maka jantung Anda pun akan terhindari dari berbagai penyakit, seperti penyumbatan saluran darah atau gagal jantung.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga atau melakukan kegiatan fisik secara aktif dapat mengurangi risiko penyakit jantung, lho. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu melakukan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Anda bisa membanginya menjadi beberapa sesi, misalnya melakukannya 5 hari berturut-turut selama 30 menit atau membaginya menjadi 3 sesi dengan waktu 50 menit. Dengan begitu, Anda telah membantu memelihara kesehatan jantung sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *