Inilah Kuliner Bandung yang Patut Dicoba!

Kota Bandung memang terkenal dengan keindahannya. Walaupun kotanya sudah sangat maju tetapi Bandung masih menjaga keasriannya.  Ada begitu banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Begitu juga dengan kuliner Bandung yang patut untuk dicoba bagi para food lover. Kuliner Bandung begitu bermacam, tentunya yang ditawarkan adalah kuliner khas makanan sunda. Hmm, makanan khas sunda memang selalu buat ngiler. Lantas, apa saja yang harus dicoba saat mengunjungi kota ini? Yuk, intip di bawah ini!

Serabi (Surabi)

Hmm, kuliner Bandung ini masuknya adalah dessert atau makanan penutup tapi bisa juga dinikmati saat pagi hari sebagai sarapan. Surabi adalah makanan atau kue berbahan dasar tepung beras namun ada juga yang terbuat dari tepung terigu. Serabi juga sering disebut mirip dengan pancake. Pembuatan serabi ini dibakar dengan tungku kecil dari tanah liat dan inilah yang membuat rasanya begitu khas. Serabi tradisional biasanya hanya dicampur dengan gula merah tetapi sekarang untuk mendobrak pasaran serabi dibuat dengan berbagai macam topping seperti keju, pisang, duren atau sosis.

Cimol (Aci Digemol)

Apakah Anda langsung teringat masa kecil ketika mendengar kata cimol? Ya, kuliner Bandung cimol ini sering dijual saat masih SD dulu di pinggiran jalan. Cimol berasal dari singkatan aci digemol, maksudnya cimol ini dibuat dari bahan dasar aci (tepung kanji) yang dibentuk bulat lalu digoreng. Bumbu yang digunakan biasanya bubuk pedas biasa. Jangan lewatkan yang satu ini jika Anda berkunjung ke Bandung karena rasnya akan lebih khas sunda.

Karedok

Karedok adalah kuliner Bandung yang cocok buat Anda yang seorang vegetarian. Bahan-bahan karedok terbuat dari berbagai macam sayuran seperti tauge, kol, ketimun, kemangi, terong, dan kacang hijau yang semuanya direbus sampai matang. Sebagai penyedap, karedok dibumbui dengan saus kacang yang bisa pedas tergantung selera Anda. Bumbu sausnya terbuat dari kacang tanah, air asam, gula jawa, asam, cabai merah, bawah putih dan kencur.

Cilok (Aci Dicolok)

Kalau yang barusan adalah aci digemul sekarang ada aci dicolok. Bedanya apa? Kalau cimol disajikan dengan digoreng, berbeda denga cilok yang direbus sehingga jadinya menjadi kenyal. Bumbunya juga berbeda, biasanya cilok dibumbui dengan kecap manis atau bisa juga dengan bumbu kacang. Kuliner bandung ini biasanya menjadi favorit jajanan anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *