Inilah 5 Manfaat Menjadi Seorang Volunteer

Tahukah Anda bila waktu libur atau  weekend tidak harus terus-menerus dimanfaatkan untuk hangout bersama teman atau sekadar santai di rumah? Nyatanya, Anda bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah dengan bergabung menjadi volunteer. Dengan melakukan kegiatan ini Anda bisa memberikan dampak positif kepada sesama melalui aksi Anda. Ternyata, dampak tersebut bukan hanya bisa dirasakan oleh orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri. Berikut beberapa manfaat bergabung menjadi seorang volunteer untuk Anda.

Membuat Anda lebih bahagia

Menurut sebuah penelitian dari London School of Economics, semakin Anda sering menjadi relawan dan membantu sesama, maka akan semakin membuat Anda menjadi lebih bahagia. Pasalnya, ketika Anda menjadi seorang volunteer maka rasa empati Anda dan keakraban antar sesama seperti dilatih dengan baik. Hal inilah yang membuat Anda untuk lebih sering tersenyum dan memancarkan aura positif dari dalam diri. Sehingga, orang-orang yang berada di dekat Anda akan merasa senang dan nyaman ada di sekitar Anda.

Membangun koneksi dan pertemanan

Saat Anda bergabung menjadi seorang volunteer, pasti Anda harus bekerja sama dengan orang lain, bukan? Di sinilah momen di mana bisa membangun koneksi dan pertemanan dengan orang-orang baru yang bekerja bersama dengan Anda. Siapa tahu bahwa teman-teman yang Anda temui di dalam kegiatan sosial ini nantinya bisa menjadi relasi bisnis atau calon klien yang potensial untuk Anda. Bahkan, ada beberapa kasus bahwa mereka yang ikut kegiatan ini malah menemukan jodoh mereka di kegiatan yang sama.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika Anda berbuat kebaikan untuk sesama, maka Anda akan sangat bangga ketika melakukannya, kan? Hal ini ternyata bukan hanya memberikan kepuasan batin untuk diri Anda, tetapi juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri sendiri untuk menampilkan kemampuan yang Anda miliki. Pasalnya, Anda tidak mungkin bisa membantu sesama atau menjadi seorang volunteer jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri. Hal ini dikarenakan Anda harus bekerja sama dengan orang lain, proaktif, dan tidak sungkat untuk bertanya.

Menambah pengalaman Anda

Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang volunterr, maka secara tidak langsung Anda telah melatih diri untuk menambah pengalaman dan mengasah soft skill yang dimiliki. Contohnya seperti kemampuan leadership ketika Anda dipilih sebagai pemimpin pada acara sosial yang akan dijalankan. Percaya atau tidak, menurut sebuah riset dari majalah FOrbes, kegiatan perberdayaan masyarakat yang satu ini bisa menjadi portofolio yang menarik di CV Anda. Jadi, orang-orang yang melihat rangkuman pengalaman Anda akan tertarik begitu melihat bahwa Anda pernah menjadi seorang volunteer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *