Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Perencanaan Biaya Pensiun

biaya pensiunDalam merencanakan biaya pensiun, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Banyak orang tidak menyadari keselahan yang sebenarnya cukup merugikan. Jangan sampai terlambat menyadarinya dan lebih bijaklah dalam mengambil keputusan. Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah merencanakannya untuk waktu jangka panjang. Mempersiapkan biaya pensiun tidak bisa instan karena memerlukan waktu hingga belasan tahun dan dana yang tidak sedikit.

Pastikan semua sudah Anda persiapkan sebagai dana hari tua mulai dari usia muda. Dengan memikirkan dan memulainya dari sekarang tentu akan sangat membantu dikemudian hari. Manfaatkan beberapa aplikasi melalui smartphone Anda dalam membantu mengatur keuangan Anda. Dengan begitu Anda akan semakin berhati-hati terhadap kesalahan seperti berikut ini.

1. Memperkirakan Biaya Kesehatan yang Terlalu Rendah

Memasuki masa pensiun, ada biaya yang meningkat dan ada pula yang berkurang. Biaya kesehatan setiap tahun akan selalu naik, sepeti membeli vitamin, obat, pemeriksaan rutin ke dokter, cek darah, check up kondisi tubuh, dan masih banyak lainnya. Sudah menjadi sebuah pengetahuan umum bagi kita dalam biaya kesehatan di Indonesia tidak murah. Maka perlu adanya pertimbangan bersama keluarha untuk menggunakan asuransi kesehatan. Bisa melalui perusahaan swasta atau BPJS Kesehatan karena bisa mempersiapkan jumlah dananya secara relevan.

2. Menabung & Berinvestasi Tanpa Mengetahui Jumlah yang Dibutuhkan saat Pensiun Nanti

Kesalahan selanjutnya adalah banyaknya orang yang sudah menabung dan berinvestasi tetapi tidak mengetahui jumlah yang sebenarnya dibutuhkan. Tanpa adanya tujuan dari apa yang sudah Anda sedang lakukan maka sia-sia. Ingat beberapa hal penting seperti adanya faktor inflasi atau kenaikan harga yang bisa menjadi sebuah masalah baru. Jika melakukan investasi, berapa jumlah yang harus Anda setorkan tiap bulannya? Serta berapa target yang ingin Anda raih dari investasi tersebut. Jika semua pertanyaan dasar tersebut tidak memiliki jawaban pasti dan jelas maka perencanaan biaya pensiun Anda akan berantakan.

3. Tidak Melakukan Review atau Memperbarui Rencana

Setelah melakukan sesuatu perlu adanya sebuah review dan mengecek kembali rencana keuangan yang sudah Anda buat. Gaya hidup seseorang bisa berubah, entah akan naik jabatan dan penghasilan tambahan yang naik atau hal-hal bahagia lainnya sehingga memerlukan pengeluaran lebih banyak. Dengan melakukan review dan memperbaharui rencana Anda maka akan mudah menjalani segala aktivitas dikemudian hari karena Anda sudah terlatih.

4. Tidak Membuat Anggaran dengan Benar

Tidak mempersiapkan anggaran dengan benar adalah kesalahan fatal selanjutnya yang harus bisa Anda hindari. Biaya pensiun juga membutuhkan kesiapan Anda memilih dan mengatur anggaran yang harus digunakan seperti untuk berlibur, membayar pendidikan anak dan kebutuhan lainnya. Ketika membuat dan merencanakannya masukkan anggaran sebagai pengeluaran tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *