Fungsi Dana Pensiun untuk Masa Depan Anda

fungsi dana pensiunMewujudkan impian untuk memiliki kehidupan di masa tua yang indah memang tidak mudah. Banyak orang berusaha untuk meningkatkan penghasilannya agar dapat menginvestasikan atau menyisihkannya demi menunjang masa depan yang diinginkan. Berbagai cara dilakukan setiap individu dalam menghadapi masa yang akan datang salah satunya dengan biaya khusus pensiun. Untuk mendapatkan keinginan tersebut sebaiknya Anda dan keluarga memahami fungsi dana ini secara baik. Dalam mempermudah perencanaan seputar biaya pensiun seperti berapa lama masa pensiun yang harus dipersiapkan? Untuk lebih jelasnya perhatikan hal berikut ini.

1. Jenis Program Biaya Pensiun

Sebelum menyasar inti dari fungsi yang ingin Anda ketahui, ada 2 jenis program yang pada umumnya biasa digunakan oleh perusahaan.

a. Program Pensiun Manfaat Pasti (Defined Benefit Plan)

Memberikan formula tertuntu atas manfaat yang akan diterima saat mencapai usia pensiun. Program ini merupakan program yang memiliki manfaat besar untuk peserta. Pengakuan masa kerja dari karyawan oleh pemberi kerja dihitung berdasarkan rumus aktuaria tertentu. Program pensiun manfaat pasti akan menarik karena diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup peserta.

b. Program Pensiun Iuran Pasti (Defined Contribution Plan)

Program iuran pasti adalah penetapan besarnya iuran karyawan dan perusahaan pemberi kerja. Manfaat yang diterima karyawan dihitung berdasarkan akumulasi iuran ditambahkan dengan hasil pengembangan atau investasi. Program dan pensiun dilakukan dengan cara peserta menyetorkan sejumlah uang ke dalam dana khusus pensiun dan iuran beserta hasil pengembangannya. Akan digunakan sebagai manfaat pensiun jika peserta telah mencapai usia yang ditentukan.

2. Fungsi Dana Pensiun

Ada beberapa kategori yang harus dipahami terlebih dahulu. Terbagi menjadi fungsi asuransi, fungsi tabungan, dan fungsi pensiun. Dalam fungsi asuransi sebagai penyelenggara program untuk landasan kebersamaan seperti pada program asuransi. Selanjutnya ada fungsi tabungan dalam bentuk program yang betugas untuk mengumpulkan serta mengembangkan dana. Dana tersebut terakumulasi dari iuran peserta. Terakhir, untuk fungsi pensiun Anda sebagai peserta akan mendapatkan kelangsungan pendapatan dalam bentuk pembayaran secara berskala setelah memasuki masa pensiun.

3. Tujuan Dana Pensiun

Untuk lebih spesifik dan mengetahui detail dari fungsi dana pensiun ini, para penerima dana memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan bagi pemberi kerja adalah memberikan penghargaan kepada para karyawan yang sudah lama mengabdi bagi perusahaan. Sehingga pada kehidupan pensiun datang karyawan sudah mendapat jaminan. Karyawan akan merasa lebih aman, meningkatkan kerja serta memotivasi mereka menjadi lebih baik. Hal paling penting yaitu meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

Tujuan lain adalah untuk setiap karyawan akan memperoleh kepastian penghasilan masa yang akan datang dan sesudah masa pensiun. Sehingga adanya rasa aman dan meningkatkan motivasi dalam bekerja. Dan terakhir bagi lembaga pengelola yaitu mengelola dana agar mendapat keuntungan karena iuran bisa dimasukkan dalam kegiatan investasi. Selain itu membantu menyelenggarakan program pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *