Cara Mudah Mendapatkan Modal Berbisnis

Saat Anda memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, pasti hal pertama yang kerap dipikirkan adalah modal usaha. Modal memang menjadi faktor paling penting ketika akan membuka usaha, karena tanpa modal maka usaha yang akan dibangun hanya tinggal mimpi. Oleh sebab itu, banyak orang yang akhirnya mundur akibat terhalang dana untuk mendapatkan modal berbisnis. Padahal, ada beberapa cara mudah agar Anda mendapatkannya, jika memang memiliki tekad bulat. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa cara mudah demi mendapatkan modal. Yuk, simak informasinya!

Pinjam dari Bank

Bank menjadi instansi keuangan yang paling sering dituju oleh para pengusaha untuk mendapatkan modal berbisnis. Bahkan, bank pun menyediakan beragam fasilitas pinjaman modal yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bunga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 9-12 persen dengan tenor lima hingga 20 tahun. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil. Namun, untuk melakukan pinjaman di bank, Anda harus memberikan sebuah jaminan seperti aset properti, atau kendaraan bermotor milik Anda. tetapi, tidak menutup kemungkinan bila Anda ingin meminjam uang ke bank tanpa memberikan jaminan atau biasa di sebut Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Memakai tabungan pribadi

Jika Anda tidak suka berhutang, apa lagi pada bank, maka cara mudah mendapatkan modal berbisnis lainnya adalah dengan menggunakan tabungan pribadi. Selain bebas dari bunga bank, cara ini menjadi jalan yang paling aman dan minim resiko. Meski begitu, Anda harus bisa merelakan uang tabungan yang telah Anda kumpulkan selama ini. Bila Anda mengatur bisnis dengan baik, maka uang tabungan Anda akan kembali dengan cepat, bahkan lebih.

Menjual aset Anda

Bila Anda memiliki aset properti, emas, kendaraan bermotor, atau bahkan investasi lain yang menguntungkan, Anda bisa memanfaatkannya guna mendapatkan modal berbisnis. Caranya adalah dengan menjual aset-aset milik Anda. Meski harus kehilangan sejumlah aset yang Anda sayangi, nantinya ketika usaha Anda berhasil nanti maka Anda bisa membeli beberapa aset yang sama seperti yang telah Anda jual sebelumnya. Oleh sebab itu, tekun dan fokus ketika menjalani sebuah bisnis menjadi suatu keharusan bagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *