Bisnis Ini Cocok untuk Mengisi Masa Pensiun

masa pensiunMemulai diri melakukan bisnis sampingan akan mempermudah Anda serta mengurangi masalah finansial pada masa pensiun. Bisnis tambahan tersebut tidak terlalu membutuhkan waktu dan tenaga. Ada banyak bisnis yang bisa Anda pertimbangan demi mengisi waktu Anda agar lebih berguna. Simak beberapa bisnis berikut ini.

1. Toko Keperluan Sehari-hari (Kelontong)

Bisnis membuka toko keperluan atau kebutuhan sehari-hari bisa sangat menguntungkan. Cocok untuk mengisi masa pensiun Anda terlebih jika memiliki rumah yang strategis. Mudah dijalankan sendiri dan memiliki risiko kecil dalam hal kerugian. Mulailah dengan menjual kebutuhan pokok seperti sembako dan kemudian perlahan menambah jenis barang yang dijual. Tempat strategis seperti dekat dengan perumahan, jalan raya, kos-kosan dan lain-lain.

2. Tempat Kos-kosan

Membuka bisnis sampingan untuk masa pensiun selanjutnya adalah tempat kos-kosan. Tidak terlalu berat, bisa dilakukan sendiri, dan bisa dibarengi dengan bisnis lainnya pada tempat tersebut. Memang membutuhkan modal cukup besar, tetapi usahakan menabung secara rutin saat Anda masih memiliki pekerjaan tetap. Dengan adanya prospek yang cukup baik terutama saat tempat berada dekat kampus atau sekolah SMA. Biasanya para pendatang akan membutuhkan tempat kos.

3. Jualan Pulsa

Jenis bisnis sederhana ini memerlukan modal sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jika belum memiliki modal membuka sebuah counter sendiri, bisa dengan handphone pribadi Anda di rumah. Tetapi jika modal sudah terkumpul bisa dengan membuka counter yang tidak hanya menjual pulsa tetapi perlengkapan aksesoris handphone, kartu perdana dan sebagainya.

4. Sarana Transportasi

Transportasi merupakn satu-satunya alat atau jasa yang dibutuhkan setiap tahun. Membuka bisnis jasa penyedia transportasi adalah pilijan tepat dan menjanjikan dalam penghasilan dalam masa pensiun Anda. Seperti jasa antar-jemput sekolah, penyewaan mobil, motor, sepeda hingga bus jika Anda memiliki modal membelinya. Lebih menguntungkan jika rumah Anda kawasan wisata, di mana banyak orang yang tidak membawa kendaraan pribadi yang membutuhkan transportasi mudah untuk disewa.

5. Rental (Persewaan)

Rental persewaan juga merupakan salah satu hal yang menguntungkan. Memiliki pelanggan yang jelas dan bisa dipercaya, barang tidak hilang tetapi Anda mendapatkan penghasilan. Jika sekiranya barang di rumah jarang terpakai, mengapa tidak coba Anda sewakan? Seperti kendaraan Anda, AC, genset, kamera, dan lain-lain. Semakin meningkatnya jumlah penduduk, tidak semua masyarakat memiliki peralatan yang lengkap, sehingga sebagian dari mereka memilih untuk menyewa. Dengan harga murah bisa digunakan sesuai waktu yang dibutuhkan. Usahakan sebelum melakukan transaksi penyewaan, minta jaminan berupa surat penting pelanggan Anda agar barang yang disewakan tidak dibawa kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *