Berhemat? Begini Triknya Simplenya!

merencanakan finansialPesta diskon brand favorit bikin Anda boros seketika. Meski sudah berusaha menghindar, godaan membeli barang yang sudah Anda incar sebelumnya sangat sulit untuk dilakukan. Akhirnya, Anda harus beli dan kehilangan uang Anda. Untuk mengatasi hal-hal seperti di atas, Anda bisa menggunakan tips berhemat yang akan dibahasa oleh artikel ini. Yuk, simak tipsnya!

1. Menabung terlebih dahulu, baru belanja

Jika memiliki kebiasaan menabung setelah belanja, sepertinya Anda wajib merubah pola tersebut. Tips berhemat yang benar adalah alokasikan terlebih dahulu seperempat atau setengah gaji Anda untuk menabung, baru membelanjakan sisanya. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat dengan uang sisa yang Anda miliki.

2. Konsisten menabung

Meski sudah menyisihkan uang untuk menabung, Anda masih merasa boros? Coba perhatikan, apa Anda telah konsisten untuk menabung? Jika jawabannya tidak, maka Anda sudah tahu penyebabnya. Saat mencoba untuk berhemat dengan menabung, Anda harus konsisten menjalaninya.

3. Catat pengeluaran uang dengan detail

Tips berhemat selanjutnya ialah selalu catat pengeluaran Anda sekecil apa pun. Dengan begitu, Anda akan tahu barang atau jasa apa saja yang telah Anda bayarkan. Jika terasa sudah hampir mendekati limit, Anda bisa menghentikan beragam pengeluaran yang tidak penting agar lebih hemat.

4. Buat anggaran pengeluaran per hari

Anda pasti mengetahui seberapa banyak uang yang harus di keluarkan setiap harinya bukan? Jika tidak menentu, mungkin Anda bisa menemukan rata-rata pengeluaran Anda. Misalnya, pengeluaran Anda untuk transportasi dan makan adalah Rp 50 ribu, maka setiap harinya uang sebesar Rp 50 ribu harus cukup memenuhi kebutuhan Anda. Saat Anda harus mengeluarkan uang lebih dari itu, maka Anda sudah masuk ke dalah tahap pemborosan. Oleh sebab itu, lakukan tips berhemat dengan atur anggaran pengeluarkan anggaran harian.

5. Bawa uang secukupnya saat hangout

Hangout sama teman memang aktivitas paling menyenangkan, apa lagi jika Anda nongkrong di café atau restoran yang cozy untuk berlama-lama. Namun, hal ini bisa menjebak Anda dan berujung pada aktivitas pemborosan. Untuk itu, lakukan tips berhemat dengan cara membawa uang cash secukupnya. Tinggalkan ATM dan credit card demi kesuksesan berhemat yang Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *