5 Cara Melakukan Daur Ulang

Ketika mendengar kata “daur ulang”, maka orang akan berpikir untuk mendaur ulang bahan-bahan seperti alumunium, kaleng, botol air minum, dan kantung plastik. Nyatanya, Anda bisa melakukan daur ulang pada barang-barang lain, selain yang disebutkan sebelumnya. Untuk mendapatkan informasi apa saja barang yang bisa digunakan kembali, maka Anda harus membaca artikel ini sampai dengan selesai. Berikut informasinya.

Makanan

Saat ada makanan sisa di rumah, apa yang akan Anda lakukan dengan makanan tersebut? Apakah Anda membuangnya begitu saja ke tempat sampah? Dari pada membusuk sia-sia, lebih baik Anda melakukan daur ulang pada makanan sisa. Pasalnya, sisa makanan tersebut bisa dijadikan bahan baku pupuk kompos yang berguna untuk tanaman. Cukup endapkan sisa-sisa makanan hingga berubah menjadi kompos dan taburkan di tanaman kesayangan Anda.

Majalan dan Buku

Meski kertas merupakan benda yang mudah terurai di tanah, tinta-tinta yang menempel di sana bisa merusak keadaan tanah akibat zat kimia di dalamnya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda melakukan daur ulang kepada benda-benda tersebut. Caranya, Anda dapat menyumbangkan majalah dan buku yang sudah tidak lagi terpakai ke perpustakaan atau kegiatan sosial yang membutuhkan buku sebagai bahan sumbangan. Dengan apa yang Anda lakukan tersebut membuat buku dan majalah tersebut tidak terbuang dengan sia-sia.

Baterai

Baterai memang bukan benda sekali pakai, Anda dapat menggunakan baterai dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan pemakaian. Tetapi, ketika benda tersebut tidak berfungsi lagi, ada baiknya Anda tidak begitu saja membuangnya ke tempat sampah. Anda bisa memberikan benda tak terpakai tersebut ke recycleing centers yang memang menerima baterai sebagai bahan dasar untuk melakukan daur ulang.

 Ban bekas

Sampah ban bekas sangat merepotkan, selain sulit untuk diuraikan, benda ini membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya. Jika Anda meleburnya dengan cara dibakar, maka akan menyebabkan pencemaran udara. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan daur ulang ke ban tersebut dengan sendal yang menggunakan ban bekas sebagai bahan bakunya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *