4 Tips Untuk Berlibur Hemat Buat Kamu

berlibur hematSiapa yang tidak suka berlibur? Mengunjungi bangunan bersejarah di Roma, menikmati sinar matahari di kepulauan Carribean, atau berlanja sepuasnya di Hongkong. Apa pun jenis liburan yang Anda pilih, pasti menyenangkan dan mampu menghilangkan stress Anda. Di balik euphoria berlibur yang menggebu-gebu, jangan sampai lupa untuk tetap menahan diri agar tidak boros. Ini di karenakan setelah kembali dari berlibur, masih banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi. Nah, jika ingin merasakan berlibur hemat, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Persiapkan liburan dengan baik

Tips liburan yang pertama adalah membeli tiket dan booking hotel jauh-jauh hari biasanya akan lebih hemat dari pada harus on the spot. Bukan hanya itu, Anda bisa mencari referensi tiket penerbangan dan hotel murah dengan kualitas yang baik. Mendatangi travel fair bisa menjadi salah satu alternatifnya. Harga tiket dan hotel di pameran tersebut biasanya akan lebih murah dibandingkan biasanya. Oleh sebab itu, rencanakan liburan Anda dengan baik dan benar.

2. Bawa uang tunai secukupnya

Semakin banyak uang yang Anda miliki, maka keinginan untuk berbelanja semakin besar. Anda akan lebih mudah untuk membeli makan dan mampir ke toko yang memiliki barang-barang unik. Tidak hanya itu, resiko menjadi korban copet tidak bisa Anda hindari. Untuk itu pastikan Anda menerapkan tips liburan hemat nomor dua yaitu selalu membawa uang tunai secukupnya. Di jamin, Anda pasti lebih tahan untuk tidak mengeluarkan uang yang dimiliki.

3. Tidak perlu belanja oleh-oleh

Setiap ada teman atau keluarga yang pergi berlibur, pasti Anda tidak segan untuk meminta oleh-oleh, kan? Padahal, membeli oleh-oleh adalah hal buruk untuk dilakukan. Pasalnya, harga souvernir khas tempat berlibur tidaklah murah. Satu buah souvenir bisa setara dengan satu porsi makanan cepat saji di Jakarta. Maka dari itu, lakukan tips berlibur hemat dengan menghindari membeli oleh-oleh yang tidak penting untuk Anda. Bagaimana jika oleh-oleh yang Anda bawa berat dan harus membayar lebih pada bagasi pesawat? Pengeluaran Anda semakin boros, kan?

4. Jangan berhutang demi liburan

Demi merasakan liburan, Anda rela meminjam uang atau menggunakan kartu kredit sebagai uang saku. Jangan pernah lakukan itu! Memang Anda memang merasa lebih terbantu dengan cash less, tapi saat tagihan keluar bulan depan, Anda akan terkejut melihat hutang yang harus Anda bayar. Untuk itu, lakukan tips hemat dalam berlibur yang terakhir yaitu menabung sebelum pergi berlibur. Selain melatih diri untuk bersabar, Anda akan berlibur hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *