4 Solusi Keuangan yang Tepat bagi Keluarga Muda

solusi keuanganMemiliki keputusan untuk berkeluarga maka Anda dan pasangan harus siap dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Masalah yang Anda hadapi juga termasuk dalam tantangan yang harus diselesaikan. Kategori masalah keuangan dalam keluarga menjadi salah satu hal terberat dan sering dirasakan oleh tiap keluarga baru. Pastikan kondisi keuangan tersebut bisa terkontrol dan tidak menimbulkan masalah lain. Hal pertama yang penting dilakukan adalah berpikir positif dan tenang karena segala masalah pasti memiliki jalan keluar.

Kondisi finansial sebuah keluarga yang sedang tidak baik, tentu bisa diselesaikan dengan solusi keuangan. Jika tidak ingin merasakan masalah ini, maka sebaiknya Anda harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. Untuk Anda yang baru saja menikah, perhatikan beberapa solusi keuangan berikut ini.

1. Utamakan Mencari Harga yang Lebih Murah

Mencari barang dengan harga jauh lebih murah adalah solusi yang paling baik untuk diterapkan dalam solusi keuangan ini. Anda akan menghemat biaya anggaran belanja terutama saat membeli barang elektronik atau furnitur. Perhatikan apakah dengan harga murah masih memiliki kualitas yang baik untuk bertahan selama beberpa waktu ke depan. Biaya pengeluaran akan berkurang karena Anda mampu mencari barang yang masih layak pakai. Cari melalui online store terpercaya agar tidak mengecewakan Anda. Tak lupa beri sentuhan cat atau modifikasi barang bekas tersebut dengan desain pattern agar terlihat baru dan lebih menarik.

2. Cari Pekerjaan Sampingan

Memang tidak mudah mengelola keuangan rumah tangga karena gaji yang didapatkan masih terbatas. Solusi keuangan terkait masalah ini adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang tambahan. Tidak harus membuka sebuah usaha besar yang justru akan mengeluarkan biaya terlalu mahal. Disela-sela kesibukan Anda bisa sembari membuka usaha menjual pulsa, menjadi seorang penulis lepas, membuka bisnis online dan lain-lain. Manfaatkan waktu sebaik mungkin dan ingat bahwa kerja sampingan ini jangan sampai menggangu pekerjaan utama Anda.

Penghasilan tambahan ini akan membantu memberikan pemasukan bulanan dengan baik. Sehingga uang yang disisihkan untuk menabung akan lebih banyak. Jika uang tabungan sudah mencapai target Anda, bisa juga digunakan untuk investasi. Jangan salahkan gaji yang kecil, karena solusi keuangan yang harus Anda lakukan adalah mengelola dengan cermat pemasukan dan pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

3. Mulai Hidup Sederhana

Apakah Anda menyadari faktor yang paling sering membuat gaji cepat habis? Sikap konsumtif dan selalu membeli sesuatu tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk hidup layaknya orang kaya jika memang keadaan uang Anda terbatas. Selain merugikan Anda dan pasangan, pasti akan berujung pada masalah keuangan. Menerapkan hidup sederhana bukan sebuah hal yang memalukan untuk Anda coba. Justru banyak orang yang akan ikut menyadari pentingnya menjaga keuangan dari sekarang. Merubah pola gaya hidup menjadi lebih sederhana adalah solusi keuangan terbaik yang bisa menyelamatkan gaji Anda.

  1. Menyusun Anggaran dan Menabunglah!

Susunlah anggaran dengan baik sebelum semua masalah datang sehingga Anda menyesal. Buatlah sebuah daftar pemasukan dan pengeluaran pada setiap aktivitas yang dilakukan setiap bulannya. Lakukan hal ini bersama pasangan dan catat setiap biaya yang digunakan untuk kebutuhan sehar-hari seperti listrik, telepon, asuransi, air, cicilan rumah dan sebagainya. Setelah memiliki catatan anggaran, saat gaji keluar pisahkan beberapa persen untuk segera ditabung. Pastikan kegiatan yang bisa menjadi solusi keuangan Anda ini dilakukan dengan komitmen dan konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *