4 Kesalahan Mengatur Modal yang Wajib Anda Tahu

Saat memulai usaha, akan banyak sekali daftar kebutuhan yang perlu Anda penuhi dan perhatikan. Salah satu yang paling penting adalah melakukan pengelolaan modal usaha dengan baik dan benar. Tentu saja, untuk bisa mengembangankan usaha yang Anda jalani saat ini, maka Anda harus bisa mengatur uang yang Anda miliki dengan baik. Sayangnya, banyak orang yang tidak jarang melakukan kesalahan mengatur modal tanpa mereka sadari. Penasaran apa saja hal-hal itu? Yuk, simak beberapa kesalahan yang mungkin saja Anda lakukan di bawah ini.

Mempekerjakan Terlalu Banyak Orang

Kesalahan mengatur modal yang pertama adalah Anda terlalu banyak mengalokasikan dana untuk mempekerjakan orang-orang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Ketika Anda merasakan pekerjaan yang bertambah banyak, maka Anda akan tergoda untuk menghadirkan orang baru yang akan membantu pekerjaan Anda. padahal, hal tersebut masih bisa di handle oleh karyawan Anda sendiri. Pasalnya, jika Anda masih bisa menjalankan bisnis dengan jumlah karyawan yang minimal, kenapa harus merekrut orang baru?

Menggunakan Modal Untuk Keperluan Pribadi

Ketika usaha Anda menghasilkan keuntungan pertama, maka godaan untuk menghabiskan keuntungan tersebut untuk keperluan pribadi tentu saja akan hadir. Bagaimana pun juga, tidak ada salahnya ‘kan memberi diri sendiri sebuah penghargaan dari hasil jerih payah Anda? Sayangnya, momen tersebut bukan waktu yang pas, karena bisnis tidak bisa memberikan keuntungan secara instan. Saat membangun bisnis, Anda membutuhkan komitmen dari pemiliknya, termasuk menahan diri untuk menghabiskan keuntungan tersebut untuk bersenang-senang dan melakuakn kesalahan mengatur modal. Anda harus menunggu beberapa saat sebelum bisa menikmati keuntungan tersebut tanpa takut rugi.

Tidak Memiliki Kas yang Cukup

Satu lagi kesalahan mengatur modal yang sering Anda lakukan adalah meremehkan pengeluaran perusahaan dan terlalu berharap dengan keuntungan yang akan di dapat. Sering kali Anda harus mengeluarkan uang pendukung operasional yang tidak pernah dipertimbangkan sebelumnya. Oleh sebab itu, hal ini masuk ke dalam kategori kategori pengeluaran yang tidak terduga. Karenanya, terapkan taktik pengelolaan modal yang baik pada perusahaan agar usaha Anda berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *