4 Kain Tradisional Indonesia Yang Belum Kamu Ketahui

Sebagai warga negara Indonesia, pasti Anda tau beberapa kain tradisional Indonesia yang populer seperti Batik, Songket, dan juga Ulos. Kain tradisional ini sendiri juga merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia yang sangat beragam. Selain ketiga kain yang disebutkan tadi, ada beberapa kain tradisional Indonesia yang kurang populer. Yuk, simak beberapa kain tradisional asal Indonesia yang mungkin belum Anda ketahui berikut ini.

Sasirangan

Tidak banyak yang tahu bahwa sukur Banjar di Kalimantan Selatan memiliki kain tradisionalnya sendiri, yaitu Sasirangan. Kain ini dibuat dengan teknik ikat celup dan memadukan beragam warna. Meskipun menggunakan teknik yang sama dengan tie dye, salah satu kain tradisional Indonesia memiliki motif yang lebih formal dan elegan, sehingga sangat cocok untuk digunakan di acara formal.

Tapis

Selain dikenal sebagai daerah agrobisnis, Lampung ternyata juga memiliki kain tradisional Indonesia yang tidak banyak orang ketahui. Memiliki motif yang khas, kain yang dinamai Tapis ini sangat jarang dibuat menjadi dress atau pun baju dalam bentuk lain, karena kain tersebut termasuk pakaian adat yang hanya dipakai pada momen-moment tentu. Karena ke ekslusifannya ini, satu buah kain Tapis memiliki harga yang cukup mahal, bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh karena itu, rasanya saying jika kain semahal ini dibuat sebagai dress atau kemeja untuk digunakan sehari-hari, kan?

Grinsing

Jika Anda sering berlibur atau mengunjungi Bali, mungkin Anda tidak asing lagi dengan kain Grinsing. Salah satu kain tradisional Indonesia ini memiliki motif yang abstrak dan berbeda-beda pada setiap kainnya. Hal tersebut disebabkan karena pembuatannya masih menggunakan tenaga manual manusia. Bahkan, sebuah kain Grinsing memerlukan waktu 2-5 tahun untuk membuatnya. Jadi sudah bisa dipastikan harga kain masterpiece ini tidak akan murah. Tetapi, rasanya harganya sebanding dengan proses pengerjaannya. Setuju?

Sarung Bugis

Kata sarung mungkin identik dengan kain yang dipakai laki-laki muslim untuk beribadah, tetapi sarung termasuk ke dalam kain tradisional asal Bugis, lho. Sarung Bugis termasuk kain tenun yang spesial, karena terbuat dari benang sutera yang dipadukan dengan benang perak dan emas, sehingga sangat mencermintan kain tradisional Indonesia yang sangat mewah. Kain yang berasal dari tanah Makassar ini juga identik dengan perpaduan warna yang ceria dan motif kotak-kotak. Bisa dipastikan, saat Anda memakainya, maka penampilan Anda akan unik dan berbeda dari orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *