4 Hidangan Indonesia yang Terbuat Dari Sagu

Bagi orang Timur Indonesia, sagu menjadi makanan pokok pengganti nasi. Sagu sebenarnya adalah tepung yang diperolah dari pemrosesan teras batang rumbia, atau pohon sagu. Meski tidak memiliki rasa, sagu bisa menjadi hindangan yang lezat, jika bisa mengolahnya dengan baik. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa hidangan Indonesia berbahan dasar sagu. Tentu saja rasa makanan khas Indonesia ini tidak kalah nikmat dengan hidangan lainnya. Simak informasi mengenai hidangan Indonesia yang terbuat dari sagu berikut ini.

Papeda

Papeda adalah salah satu hidangan Indonesia yang berasal dari sagu dan menjadi makanan popular di daerah Maluku dan Papua. Sebenarnya, Papeda terbuat dari pati sagu yang dibuat menajdi bubur. Papeda sendiri memiliki warna putih yang hampir transparan dan memiliki tekstur yang lengket seperti lem. Biasanya, makanan ini disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbu kunyit dan asam. Bila Anda ingin makanan yang rendah kolestrol namun tetap memiliki nutrisi, mungkin mengonsumsi Papeda bisa menjadi pilihan Anda.

Mie Gleser

Hidangan Indonesia lainnya yang terbuat dari sagu ialah Mie Gleser. Mie ini merupakan produk yang mirip dengan soun namun memiliki ukuran yang lebih besar dan dijual dalam keadaan basah. Proses pembuatan mie satu ini pada dasarnya mirip ketika Anda akan membuat soun, yang membuatnya berbeda ialah cetakan atau dienya lebih besar. Selain itu, Mie Gleser tidak mengalami proses pengeringan seperti mie lainnya. Warna mie ini setelah masak nantinya bening. Di daerah Jawa Barat, mie ini biasanya digunakan sebagai makanan pendamping bakso atau bahan dasar pembuatan mie goreng dengan sambal kacang.

Ongol-Ongol Sagu

Ongol-ongol adalah makanan berbahan dasar sagu yang memiliki rasa yang sangat enak. Biasanya makanan berbahan dasar sagu ini akan banyak Anda jumpai di saat ada acara pernikahan dan hajatan lainnya. Ongol-ongol akan sangat enak jika dimakan dengan teman gula aren. Cara membuat hidangan Indonesia ini sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu banyak. Cukup sediakan bahan-bahan seperti ubi jalar, tepung hunkwe, tepung singkong, atau tepung sagu. Selanjutnya campur semua bahan dan kukus hingga matang. Rasanya yang manis sangat cocok menjadi teman minum kopi dan teh di sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *