4 Cara Menikmati Mindfull Shopping Agar Lebih Hemat

merencanakan keuangan masa depanTerkadang, Anda tidak menyadari telah menghabiska banyak uang hanya untuk sekedar berbelanja di mall yang tidak lebih dari 4 jam. Saat berbelanja, mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi setelah sampai di rumah dan meletakan belanjaan Anda. Lalu, Anda baru tersadar setelah melihat itu semua.

Kegiatan konsumtif ini bisa Anda hindari dengan melakukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menerapkan mindfull shopping. Kegiatan ini mengharuskan Anda melakukan beberapa hal yang yang akan membantu Anda melakukan penghematan. Yuk, simak bagaimana cara melakukan mindfull shopping berikut ini.

1. Buat daftar belanjaan

Tidak berbeda jauh dengan shopping pada umumnya, kegiatan mindfull shopping mengharuskan Anda membuat daftar belanjaan yang harus Anda beli. Dengan begitu, Anda tahu harus kemana saja dan barang apa saja yang boleh Anda ambil. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk Anda mampir-mampir ke toko di luar rencana belanja. Dengan cara itu, Anda telah membantu diri sendiri untuk melakukan penghematan.

2. Beli barang sesuai dengan warna favorit Anda

Jika sudah memiliki daftar barang yang ingin dibeli, maka Anda sudah siap untuk mendatangi mall atau toko langganan. Setelah sampai di sana, ternyata barang yang ingin Anda beli memiliki beragam model dan warna berbeda yang semuanya sangat menarik untuk dibeli. Bagaimana Anda harus menghadapinya? Cukup lakukan mindfull shopping.

Untuk menentukan barang mana yang akan di pilih, Anda bisa memilihnya sesuai warna favorit Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih puas saat berbelanja. Memiliki barang yang Anda inginkan dengan warna favorit, tentunya sangat menyenangkan bukan? Selain itu, biasanya orang akan lebih senang memiliki barang-barang dengan color pallete yang sana atau dengan warna sejenis. Kesan serasi dan cantik akan terpancar dari barang-barang tersebut.

3. Tentukan waktu belanja Anda

Jika biasanya Anda memiliki waktu yang random untuk mengunjungi mall, dengan melakukan mindfull shopping Anda muali bisa mengaturnya dengan baik. Misalnya, Anda putuskan untuk datang ke mall 3-4 minggu sekali, sekaligus melakukan belanja bulanan. Di luar dari waktu yang ditentukan, sangat dianjurkan untuk tidak mendatangi pusat perbelanjaan agar tidak mengeluarkan dana di luar dari yang direncanakan.

4. Terapkan prinsip “Shop Smart, Not Fast”

Kegiatan mindfull shopping yang paling Anda butuhkan adalah jangan terlalu cepat mengambil keputusan saat berbelanja. Pastikan Anda mendapat harga paling murah dengan kualitas produk yang baik. Untuk melakukannya, lebih baik Anda melakukan belanja secara online dibandingkan harus keliling mall agar mendapatkan harga termurah.

Setelah mendapatkan harga terbaik, pastikan barang tersebut sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jika memang sudah merasa yakin dan cukup, silakan membayar produk yang Anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *