3 Minuman Tradisional Indonesia yang Mendunia

Indonesia dikenal sebagai salah satu gudang makanan enak yang ada di muka bumi. Tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa bukan hanya makanannya saja yang enak, tetapi minuman tradisional Indonesia pun tidak kalah nikmatnya. Dari sekian banyak minuman tradisional yang ada, ada tiga minuman di bawah ini paling disukai oleh wisatawan mancanegara sehingga kepopulerannya mendunia, mulai dari minuman hangat hingga dingin. Dari pada Anda penasaran, yuk simak daftar minumannya di bawah ini.

Cendol

Cendol menjadi minuman pertama yang sudah mendunia. Ternyata tak hanya di Indonesia, cendol juga dijual di beberapa negara Eropa. Minuman yang terbuat dari adonan tepung beras dan sari daun pandan berwana hijau ini paling nikmat jika diminum sebagai pelepas dahaga kala matahari terik. Campuran antara santan dan gula merah yang dicairkan, membuat minuman tradisional Indonesia ini memiliki rasa manis yang khas. Bila Anda suka dengan sesuatu yang beraroma atau memiliki rasa pandan, mungkin minuman ini bisa masuk ke dalam daftar favorit Anda.

Sekoteng

Sekoteng yang berasal dari Jawa Tengah ini bisa dijadikan dalam keadaan hangat dan dingin. Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari jahe yang dicampur dengan kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, serta potongan roti, serta susu kental manis. Menemukan minuman ini tidaklah sulit, karena di kota-kota besar banyak pedagang keliling yang menjajakan salah satu minuman tradisional Indonesia ini. Jika Anda mengonsumsinya di malam hari, maka segelas sekoteng hangat sangat pas untuk menghangatkan diri Anda. Sementara, Anda bisa menambahkan es ketika mengonsumsinya di siang hari. Sungguh minuman yang bisa disantap kapan saja dan di mana saja, kan?

Es Teler

Di luar negeri, es teler dijuluki sebagai ‘koktail’ ala Indonesia. Asal musal es ini sebenarnya masih menjadi perbincangan karena banyak yang berdebat es campur berasal dari Jawa Barat atau Jawa Timur. Es teler terdiri dari kelapa muda, alpukat, serta potongan nangka yang disiram dengan kuah santan dan susu kental manis. Sekilas, minuman tradisional Indonesia yang satu ini memang mirip dengan es buah dan es campur, namun yang membedakannya ialah kuah santan yang menjadi tambahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *