3 Daerah Penghasil Batik Terkenal di Luar Pulau Jawa

Batik dikenal sebagai karya seni khas Indonesia yang sangat Indah dan memiliki filosifi di setiap motifnya. Maka tidak salah jika kain ini masuk ke dalam karya seni bernilai tinggi milik nusantara. Pada awalnya, batik hanya digunakan oleh kaum bangsawan dengan peraturan yang amat ketat, namun seiring ebrkembangnya zaman, batik boleh dikenakan oleh siapa pun.

Saat Anda ingin membeli batik berkualitas, mungkin Anda akan langsung mendatangi kota batik seperti Solo, Pekalongan, Cirebon, atau Yogyakarta. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia memiliki daerah yang menghasilkan batik yang berada di luar pulau Jawa. Berikut daftar daerah penghasil batik di luar pulau Jawa yang bisa Anda kunjungi.

Batik Bali

Menjadi destinasi wisata paling populer di Indonesia, ternyata Bali termasuk daerah penghasil batik nusantara. Meski terbilang baru di dunia perbatikan, batik Bali tidak kalah bermutu dengan kawasan lainnya. Motif dan desain lokal asal Bali dipadukan dengan apik dengan teknik pewarnaan alami. Motif batik asal pulau Dewata ini cenderung menyesuaikan dengan motif batik modern yang ada saat ini. Namun, motifnya di dominsi oleh pohon, bunga, kupu-kupu, burung dan ikan. Meski menyerap desain batik dari luar, Anda tetap bisa merasakan ciri khas Bali di kain batik ini.

Batik Madura

Batik Madura memiliki karakter batik tulis yang kuat dan memiliki warna yang berani seperti merah, kuning, dan hijau muda. Tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa daerah penghasil batik di luar pulau Jawa ini memiliki lebih dari seribu motif berbeda dan terkemuka hingga ke mancanegara.  Di Pulau Madura sendiri, Anda bisa mengunjungi Kabupaten Pamekasan sebagai sentra kerajinan batik, karena kabupaten ini menjadi wilayah yang paling banyak memiliki perjain dan pengusaha batik.

Batik Kalimantan

Batik memang sangat identik dengan kebudayaan Jawa, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa Kalimantan juga menjadi daerah penghasil batik dengan ciri khasnya sendiri. Sesuai dengan sejarah, batik Kalimantan tidak lepas dari cerita legenda yang telah menjadi budaya turun temurun.

Pada dasarnya, batik Kalimantan memiliki beberapa jenis motif batik berbeda yaitu sasirangan dari Kalimantan Selatan, Batik Benang Bintik dari Kalimantan Tengah, Batik Pontianak dari Kalimantan Barat, dan batik Shaho dari Kalimantan Timur. Rata-rata, semua batik ini memiliki perpaduan warna hijaun, merah muda, jingga, dan merah. Bila Anda yang suka warna-warna cerah pada pakaian Anda, rasanya batik Madura sangat cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *