3 Baju Adat Indonesia Paling Populer

Membahas kekayaan Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari kekayaan alam hingga kekayaan budaya yang sangat beragam. Salah satu kekayan budaya Indonesia yang bisa Anda lihat adalah hadirnya baju adat Indonesia yang sangat beragam. Setiap daerah Indonesia, mulai dari Sabang hingga Marauke memiliki baju adatnya masing-masing. Dari puluhan baju adat yang di miliki Indonesia, di bawah ini adalah lima deretannya yang paling populer hingga ke mancanegara. Yuk, simak informasinya di artikel berikut.

Baju adat Aceh

Memiliki julukan sebagai Serambi Mekah, Aceh memiliki baju tradisional yang dinamai Ulee Balang. Pada awalnnya, baju adat Indonesia ini awalnya hanya di pakai oleh kaum bangsawan, karena bahannya yang mewah disertai sulam emas dan aksesoris berupa logam mulia asli. Rasanya tidak mungkin semua rakyat Aceh bisa menggunakan baju ini.  Baju ini pun memiliki dua jenis berbeda, untuk laki-laki dan perempuan, Linto Baro untuk laki-laki dan Daro Baro untuk perempuan.

Seiring berkembangnya zaman, baju adat tersebut dijenakan sebagai pakaian untuk resepsi pernikahan dengan adat Aceh. Kesan mewah dan glamor dari pakaian ini rasanya sangat pas dengan suasana gembira di hari istimewa.

Baju adat Yogyakarta

Di kenal sebagai salah satu kota yang masih Kendal dengan budaya, Yogyakarta termasuk daerah dengan baju adat Indonesia populer selanjutnya. Baju adat ini dinamakan dodotan. Dodotan ini sebenarnya adalah kain yang panjanganya 5 meter dengan motif smene raja. Sebagai pelengkpa, para wanita menggunakan Paes Ageng sebagai hiasannya. Tidak lupa tambahan aksesoris Blankon untuk pria dan sanggul untuk wanita.

Pakaian ini masih dikenakan sebagai pakai sehari-hari oleh orang-orang keraton. Tetapi, saat menggunakan pernikahan adat Yogyakarta, masyarakat pun bisa menggunakan pakaian adat Indonesia ini. Meskipun pakaian ini cukup rumit, sebenarnya setiap item memiliki filosofinya tersendiri.

Baju adat Kalimantan Utara

Menjadi provinsi paling muda di Indonesia, Kalimnatan Utara memiliki penduduk yang didonimasi oleh suku Dayak. Lokasinya yang berdekatan dengan provinsi Kalimantan Timur membuat kebudayaan provinsi ini terpengaruh, termasuk dalam baju adat. Sehingga, pakaian adat kedua provinsi ini memiliki kesamaan, mulai dari warna, bentuk, dan juga aksesoris yang digunakan. Meski memiliki kesamaan, ada dua perbedaan mencolok dari kedua baju adat Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *