3 Aktivitas Yang Bisa Melindungi Bumi

Kerusakan bumi saat ini bisa Anda lihat dan rasakan sendiri, seperti iklim yang tidak menentu, sinar matahari yang semakin terik, dan beberapa bencana alam lainnya. Keadaan ini tidak boleh dibiarkan untuk terus terjadi, Anda dan orang lain harus bisa mengembalikan bumi menjadi lebih baik. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk melindungi bumi dan mengembalikan kelestariannya. Inilah beberapa aktivitas yang mungkin bisa Anda lakukan.

Pengolah limbah dengan baik

Limbah merupakah sampah yang paling sulit untuk diatasi. Pasalnya, di Indonesia sendiri pertumbuhan industri semakin pesat, tentu saja ini berbanding lurus dengan jumlah limbah yang akan semakin meningkat. Nah, di sinilah tugas setiap pabrik dan pemerintah untuk menyediakan pengolahan limbah yang terpadu demi melindungi bumi. Sesuai dengan aturannya, sebelum membuang limbah industri ke sungai, maka pabrik harus mengolahnya dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan meracuni air sungai.

Lakukan reboisasi

Pepohonan dan hutan merupakan paru-paru bagi bumi ini. Oleh karena itu, cara terbaik untuk melindungi bumi dari kerusakan ialah dengan menghijaukan bumi agar bisa bernapas lebih baik, atau kata lainnya adalah dengan melakukan reboisasi. Pasalnya, belakangan ini sering sekali terjadi kebakaran hutan akibat sinar matahari yang terlalu terik. Sinar tersebut membuat dedaunan kering di hutang menjadi terbakar dan menyebabkan kebakaran hutan yang hebat. Belum lagi, para pelaku illegal logging yang tidak bertanggung jawab menebang pohon-pohon. Hal ini lah yang mendorong semua pihak untuk bahu-membahu menghijaukan bumi lagi. Dengan bumi yang kembali hijau, maka keadaan akan stabil dan jiwa manusia tidak akan terancam akibat bencana alam.

Terapkan teknik pengolahan sampah yang baik

Satu lagi masalah sosial yang sampai saat ini belum berhasil terpecahkan, yaitu sampah. Semakin banyak manusia yang hadir di dunia, maka akan semakin banyak sampah yang akan dihasilkan oleh mereka. Faktanya, dalam sehari, seseorang bisa memproduksi sampah hingga 0,8 kg tanpa disadari. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa puluh ribu ton sampah di dunia ini selama sehari, seminggu, sebulan, hingga setahun. Oleh sebab itu, karena masalah ini tidak bisa dihilangkan, maka diperlukan teknik pengolahan yang baik demi melindungi bumi ini. Salah satu cara yang paling efisien adalah dengan menjadikan sampah ini sebagai bahan bakar, seperti halnya yang dilakukan oleh negara Swedia. Bahkan, mereka rela melakukan impor sampah dari negara lain karena merasa kekurangan bahan baku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *